Jokowi Janjikan Insentif Rp 6 Miliar untuk Atlet Peraih Medali Emas Olimpiade

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Agustus 2024, 18:09
Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo berfoto dengan latar belakang Menara Eiffel di Champions Park, Trocadero, Paris, Prancis, Jumat (9/8/2024).
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz
Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo berfoto dengan latar belakang Menara Eiffel di Champions Park, Trocadero, Paris, Prancis, Jumat (9/8/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji memberikan bonus sebagai penghargaan kepada atlet Indonesia yang meraih medali di Olimpiade Paris 2024. Dia mengatakan pemerintah akan memberikan uang senilai Rp 6 miliar kepada peraih medali emas, yakni Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah.

Insentif ini lebih tinggi dari hadiah sejumlah Rp 5,5 miliar kepada peraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2021. “Akan diberikan bonus baik yang meraih emas maupun perunggu. Emasnya kalau dulu Rp 5,5 miliar, ya ini Rp 6 miliar,” kata Jokowi kepada wartawan seusai meninjau Training Center PSSI IKN Nusantara pada Selasa (13/8).

Veddriq Leonardo merupakan atlet panjat tebing kategori speed yang membawa emas pertama dari Olimpiade Paris 2024 bagi Indonesia.

Selain Veddriq, ada Rizki Juniansyah yang juga meraih medali emas dari cabang olahraga angkat besi 73 kilogram (kg) putra dan medali perunggu yang disumbangkan oleh Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga bulutangkis.

Jokowi sebelumnya turut menyampaikan apresiasi mendalam kepada para atlet nasional yang berhasil membawa pulang medali Olimpiade Paris 2024.

"Saya kira masyarakat semua senang dengan perolehan emas dari Veddriq dari panjat tebing dan Rizki di angkat besi. Negara apresiasi, rakyat juga bangga dengan capaian ini," ujarnya sesuai meninjau agenda Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) di Jakarta Convention Center pada Jumat (9/8).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...