Prabowo Janji Upacara HUT Kemerdekaan RI Tahun Depan Tetap Digelar di IKN

Ameidyo Daud Nasution
17 Agustus 2024, 19:59
prabowo, jokowi, ikn
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/app/wpa.
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Menhan Prabowo Subianto (kedua kiri) dengan disaksikan Ketua MPR Bambang Soesatyo (ketiga kiri) dan Ketua DPR Puan Maharani (kiri) dalam upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).
Button AI Summarize

Menteri Pertahanan yang juga presiden terpilih, Prabowo Subianto hadir dalam perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 Indonesia di Ibu Kota Nusantara atau IKN. Usai upacara, Prabowo berjanji perayaan HUT RI tahun depan tetap akan digelar di IKN.

"Insya Allah di sini (IKN) lagi," kata Prabowo di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Ia juga masih meninjau apakah perayaan serupa akan digelar di Istana Merdeka, Jakarta untuk tahun depan. Namun, Prabowo memastikan upacara digelar di ibu kota baru.

"Nanti kita lihat (upacara di Jakarta), tapi intinya di sini," kata dia.

Pernyataan Prabowo disampaikan di depan Presiden Joko Widodo saat menjawab pertanyaan awak media soal kepastian lokasi HUT RI tahun depan. Jokowi saat ditanya, meminta Prabowo memberikan kepastian.

Begitupun saat ditanya jurnalis mengenai kelanjutan proyek IKN, Jokowi menyerahkannya kepada pemimpin berikutnya. "Silakan tanya Bapak Prabowo," kata Jokowi.

Sebelumnya, Prabowo telah berkomitmen melanjutkan mega proyek IKN. Prabowo mengatakan tekad tersebut ditunjukan lewat komitmen sebagai salah satu investor di proyek bandar baru.

"Salah satu investor di sini (IKN), saya sendiri sebagai pengusaha," kata Prabowo kepada wartawan di sela-sela mengunjungi Embung MBH di IKN, Senin (12/8).

Prabowo mengatakan dirinya akan berupaya untuk meneruskan proyek IKN setelah dilantik menjadi presiden pada 20 Oktober mendatang. Dia juga berjanji untuk mempercepat pembangunan IKN saat nanti telah resmi menjadi presiden.

"Saya sudah berkali-kali sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan, kalau bisa menyelesaikan," ujar Prabowo lagi. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...