12 Parpol Dukung RK - Suswono di Pilgub, KIM Nilai Jakarta Tak Perlu Pilkada

Ade Rosman
19 Agustus 2024, 16:33
Ridwan Kamil Jakarta
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil mengikuti rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024).
Button AI Summarize

Sebanyak 12 partai politik mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Ridwan Kamil - Suswono di pemilihan gubernur DKI Jakarta. Deklarasi dukungan untuk RK-Suswono itu digelar di the Sultan Hotel Jakarta, Senin (19/8). 

Partai yang menyatakan dukungan adalah Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar, Partai Garuda, Partai Demokrat, Partai Gelora, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Nasional Demokrat dan Perindo.  Wakil ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah yang memberi sambutan berpandangan Jakarta tak memerlukan Pilkada bila melihat dukungan dari 12 parpol.

"Harusnya kita bisa aklamasi untuk memilih pasangan Pak Ridwan kamil dan Pak Suswono dalam Pilkada yang akan datang. Karena ini adalah kelanjutan dari keinginan kuat kita untuk bersatu," kata Fahri Hamzah dalam sambutannya.

Menurut Fahri, saat ini warga Jakarta merindukan sosok Gubernur yang fokus melaksanakan tugas-tugasnya sebagai Gubernur. Karena itu sosok Ridwan Kamil dinilai menjadi sosok yang tepat. 

Selain Fahri Hamzah, pada deklarasi itu juga dihadiri Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus, Sekretaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid, dan Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat Hermawi Taslim. Selain itu juga ada Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Hasrya. 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu hadir bersama Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi. Kemudian juga ada Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arwani Thomafi. Kemudian, Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka, Sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq, Wakil ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah, serta Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Jakarta butuh gubernur yang bisa mengatasi masalah Jakarta. Ia menyebut masyarakat Jakarta tidak butuh dinamika politik melainkan sosok yang bisa bekerja. 

Muzani mengatakan Jakarta diisi oleh masyarakat dari berbagai latar belakang profesi, adat, agama, dan suku. Karena itu Gerindra menilai Ridwan Kamil - Suswono merupakan pilihan yang tepat. 

"Masyarakat di berbagai pelosok Jakarta hanya bertanya siapa yang akan menjadi gubernur," ujar Muzani. Ia pun mengatakan dukungan besar dari partai politik akan menjadi modal bagi Ridwan Kamil - Suswono untuk memajukan Jakarta. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...