Kominfo soal Viral Pulau Kalimantan Terancam Jadi Jaminan Utang ke Cina: Hoaks

Rahayu Subekti
23 Agustus 2024, 21:05
hoaks Pulau Kalimantan bisa menjadi jaminan utang ke Cina,
Kominfo
Keterangan hoaks bahwa Pulau Kalimantan bisa menjadi jaminan utang ke Cina
Button AI Summarize

Viral di media sosial YouTube yang menyebutkan bahwa Pulau Kalimantan bisa menjadi jaminan utang ke Cina. Kominfo alias Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan, informasi ini hoaks.

“Faktanya, berdasarkan hasil penelusuran dari turnbackhoax.id, judul dan isi video yang beredar tersebut tidak berkaitan,” tulis pernyataan resmi Kominfo dikutip Jumat (23/8).

Kominfo menegaskan, tidak ditemukan informasi valid terkait Pulau Kalimantan terancam sebagai jaminan utang ke Cina.

Video tersebut diunggah dengan judul ‘Berita Terkini Jokowi Mengundurkan Diri, Pulau Kalimantan Terancam Sebagai Jaminan Utang ke Cina’.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, Jumat (23/8), video tersebut diunggah oleh akun Kabar Akurat. Video diunggah sekitar dua minggu lalu dan sudah dilihat oleh 3.433 kali.

Narasi pada video yang membahas tentang Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menawarkan agar program Ibu Kota Nusantara atau IKN menjadi bagian dari program Belt and Road Initiative Cina.

Video itu juga menarasikan bahwa beberapa negara sudah terkena jebakan utang lewat proyek jalur sutra Cina tersebut. Narasi ini menyebutkan sumber artikel inilah.com yang diunggah pada 19 Oktober 2023.  

Reporter: Rahayu Subekti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...