Panitia: Ada 30.000 Orang yang Ingin Ikut Lari Maybank Marathon 2024

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
24 Agustus 2024, 10:44
Panitia: Ada 30.000 Orang yang Ingin Ikut Lari Maybank Marathon 2024
Katadata
Button AI Summarize

Project Director Maybank Marathon 2024 Widya Permana mengungkapkan, ada 30.000 orang yang mendaftar untuk ikut Maybank Marathon tahun ini. Namun, panitia harus membatasi jumlah tersebut dengan alasan kenyamanan dan keselamatan pelari.


“Jadi seperti yang disampaikan Pak Tigor (Sekjen PASI-red) kemarin malam, Badan Atletik Dunia mewajibkan panitia penyelenggara lari untuk mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelari. Karena itu, jumlah pelari yang tampil di Maybank Marathon tahun ini kami batasi di angka 13 ribu orang,” ungkap Widya dalam konferensi pers Maybank Marathon 2024 di Bali United Training Center, Gianyar, Bali, Sabtu (24/8/2024).


Widya menambahkan, tahun ini jumlah pelari yang ikut nomor marathon menjadi yang terbanyak dibandingkan event marathon lari lainnya di Indonesia. Total 3.500 pelari yang ambil bagian di nomor marathon dan 6.500 pelari di nomor half marathon serta 3.000 orang di nomor 10K.


“Untuk nomor marathon memang mengalami peningkatan signifikan yaitu 17% dibandingkan tahun lalu sedangkan half marathon juga naik 2,5% dan 10K yang turun dibandingkan tahun lalu,” jelas Widya.


Widya menambahkan, panitia tidak bisa menambah jumlah pelari Maybank Marathon menjadi 20.000 orang atau 30.000 orang. Ini karena badan jalan yang ada di Bali tidak bisa menampung pelari dalam jumlah yang sangat besar.


Presiden Direktur Maybank Indonesia Stefano Ridwan mengatakan, antusiasme para pelari untuk ikut Maybank Marathon terus meningkat setiap tahun. Ini karena Maybank Marathon termasuk 1 dari 52 ajang marathon di dunia yang harus diikuti.


“Ini yang membuat para pelari internasional tertarik untuk tampil di Maybank Marathon. Selain itu, ada values dari Maybank Marathon yang membuat para pelari tidak pernah bosan untuk ikut berlari,” ujar Stefano.


Dia menambahkan, pada Maybank Marathon tahun ini, para pelari tidak hanya berlari tapi juga bisa mengikuti program berkelanjutan. Kata dia, para peserta lari tahun ini juga menyumbang 5.000 bibit mangrove. Ini merupakan bentuk kontribusi para pelari terhadap berkelanjutan.


“Partispasi masyarakat juga sangat luar biasa terhadap Maybank Marathon. Mereka menyiapkan sejumlah kegiatan seperti tari-tarian dan juga anak-anak ikut memberikan semangat kepada para pelari. Bahkan ada pelari yang sudah berkali-kali ikut Maybank Marathon dan mereka tidak pernah bosan,” jelas Stefano.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...