PDIP Resmi Usung Airin di Pilkada Banten, Berikut Daftar Calon di Kabupaten Kota

Ira Guslina Sufa
26 Agustus 2024, 06:32
Airin PDIP
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU
Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany (kiri) didampingi bakal Calon Wakil Gubernur Ade Sumardi (kanan) memberikan pidato politiknya saat Deklarasi dan penyerahan surat keputusan (SK) dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Indonesia Convention Exibition (ICE), Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (25/8/2024).
Button AI Summarize

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Banten tahun 2024. Dukungan kepada pasangan Airin-Ade itu dipastikan melalui penyerahan formulir rekomendasi B1 Parpol KWK dalam acara Deklarasi Banten Maju Bersama di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Minggu (26/8). 

Selain Airin-Ade, pada kesempatan sama, PDIP juga menyerahkan surat B1 Parpol KWK kepada delapan pasangan bakal calon bupati/wakil bupati dan bakal calon wali kota/wakil wali kota se-Provinsi Banten. 

"Kesimpulan yang kami laporkan kepada Ibu Megawati bahwa berdasarkan serap aspirasi dari teman-teman PAC, Ranting, DPC, DPD, mereka mengusulkan agar melakukan kerja sama politik dengan Partai Golkar yang mengusung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dari Provinsi Banten," kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah dalam Deklarasi Banten Maju Bersama.

Ia mengatakan pemberian rekomendasi dukungan parpol kepada seluruh bakal calon kepala daerah pada Pilkada 2024 di Banten ini merupakan hasil kesepakatan bersama dari mulai tingkat Ranting, DPC hingga DPD PDIP. PDIP mendukung Airin pada Pilkada Banten secara mandiri karena melihat tidak ada dukungan dari Partai Golkar.

"Sampai akhirnya kami mendengar dari beberapa sumber teman-teman di DPP Golkar yang nada-nadanya kami menangkap kesan untuk mengambil skema politik yang lain di Provinsi Banten. Akhirnya kami sempat berpikir ulang, apakah PDIP harus menerima nasib seperti di DKI Jakarta, ditinggalkan, tidak punya mitra politik," ungkap Basarah.

Sementara itu, bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany menyampaikan rasa syukur atas pemberian dukungan dari PDIP untuk maju dalam perhelatan Pilkada Banten. Airin berharap adanya dukungan dari PDIP ini menjadi jalan terbaik untuk masuk Pilkada Banten.

"Mudah-mudahan (surat) B1 KWK tetap di saya. Tetapi apa pun itu namanya politik kita, selaku kader Partai Golkar memahami dinamika yang terjadi," ucapnya.

Airin juga mengaku bisa memahami dinamika politik yang terjadi di Partai Golkar. Ia pun merasa telah menjalani segala tugas yang diperintahkan Partai Golkar.

Sementara itu Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Banten, menyebutkan Airin Rachmi Diany tidak akan pindah partai meski maju pada pemilihan gubernur bersama PDIP. “Bu Airin hanya ikut serta dengan PDIP. Bukan (pindah partai), di sini tidak bahas pindah partai," kata Ketua DPD Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah. 

Tatu mengatakan, dengan majunya Airin Rachmi Diany sebagai Bakal Calon Gubernur di Pilkada Banten ini tidak mendapat rekomendasi dari partai Golkar atas keputusan Ketua Umum Bahlil Lahadalia. Ia menyebut Golkar punya rencana lain dalam calon yang diusung pada Pilgub Banten.

"Tapi Pak Bahlil sudah mengetahui dan mempersilakan. Jadi Airin atas nama pribadi. Pak Bahlil memahami itu," ujarnya.

Ia mengungkapkan, atas keputusan tersebut DPD Golkar Banten pun memahami dan menyepakati dari keinginan pimpinan sebagai kebaikan partainya untuk ke depan. Meski DPP Golkar tidak memberikan rekomendasi kepada Airin untuk maju di Pilkada, dewan pimpinan daerah Banten sudah meminta izin untuk tetap ikut maju dalam perhelatan pemilihan kepala daerah bersama PDIP.

Daftar Calon Kepala Daerah yang Diusung PDIP di Banten

Bersamaan dengan deklarasi terhadap Airin - Ade, PDIP juga mendeklarasikan dukungan kepada calon bupati dan wakil bupati serta calon wali kota di Banten. Berikut daftar nama yang diusung

  • Calon Gubernur/Wakil Gubernur Banten: Airin Rachmi Diany - Ade Sumard
  • Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Serang: Ratu Ria - Subadri Ushuludin
  • Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Cilegon: Robinsar - Fajar Hadi Prabowo
  • Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Tangerang: Sahrudin - Maryono Hasan
  • Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Tangerang Selatan: Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan.
  • Calon Bupati/Wakil Bupati Serang: Andika Hazrumi - Nanang
  • Calon Bupati/Wakil Bupati Lebak: Hasbi Jayabaya - Amir Hamzah
  • Calon Bupati/Wakil Bupati Pandeglang: Fitron - Diana
  • Calon Bupati/Wakil Bupati Tangerang: Mad Romli - Irvansyah.



Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...