Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Istana Merdeka Jakarta 4 September

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Agustus 2024, 17:50
Paus Fransiskus mengayunkan thurible dupa t dia bersiap untuk merayakan Ekaristi selama MiPaskah di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Minggu (4/4/2021).
ANTARA FOTO/REUTERS/Filippo Monteforte/Pool /NZ/sa.
Paus Fransiskus mengayunkan thurible dupa t dia bersiap untuk merayakan Ekaristi selama MiPaskah di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Minggu (4/4/2021).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencana menerima kunjungan kenegaraan pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu, 4 September 2024. Pemerintah menyiapkan penyambutan khusus untuk Paus Fransiskus sebagai tamu negara sekaligus pimpinan umat katolik.

Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto mengatakan Paus bakal berada di Indonesia selama tiga hari, 3-6 September 2024.

"Paus akan tiba di Jakarta pada tanggal 3 September kemudian pada tanggal 4 akan diadakan upacara resmi kenegaraan untuk diterima oleh Bapak Presiden di Istana Merdeka," kata Andy saat menyampaikan konferensi pers di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (26/8).

Setelah bertemu dengan Presiden Jokowi, Paus juga dijadwalkan untuk memimpin misa akbar di Komplek Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada 5 September. Paus juga akan mengisi acara di Gereja Katedral yang bekerja sama dengan Masjid Istiqlal. "Misa akbar ini akan melibatkan kurang lebih sekitar 90 ribu warga umat katolik," ujar Andy.

Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo menyatakan bahwa kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia menegaskan kembali kedekatan hubungan antara Indonesia, khususnya umat Katolik Indonesia dengan Vatikan.

Kardinal Suharyo juga menyebut kunjungan tersebut memiliki makna historis yang sangat mendalam yang telah terjalin sejak kemerdekaan Indonesia.

Indonesia akan menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya pada September 2024. Setelah Indonesia, Sri Paus akan berkunjung ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Paus Fransiskus pernah berencana berkunjung ke Indonesia pada 2020, tetapi urung terlaksana akibat pandemi Covid-19.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...