Golkar Balik Badan, Putuskan Bareng PDIP Usung Airin - Ade di Pilgub Banten

Ameidyo Daud Nasution
27 Agustus 2024, 11:18
golkar, pdip, airin
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU
Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany (kiri) didampingi bakal Calon Wakil Gubernur Ade Sumardi (kanan) memberikan pidato politiknya saat Deklarasi dan penyerahan surat keputusan (SK) dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Indonesia Convention Exibition (ICE), Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (25/8/2024).
Button AI Summarize

Partai Golkar memutuskan untuk mengusung pasangan Airin Rahmi Diany-Ade Sumardi dalam pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Banten. Padahal, sebelumnya partai ini sempat mendukung Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

Pengumuman ini langsung disampaikan Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers hari ini di Jakarta. Bahlil mengakui ada tarik menarik sebelum memutuskan mengusung Airin-Ade.

"Semoga calon ini membawa perubahan besar bagi pembangunan Banten," kata Bahlil seperti disiarkan dari Kompas TV, Selasa (27/8).

Bahlil mengakui Airin merupakan kader andalan Golkar dan diperebutkan banyak pihak. Meski demikian, ia mengatakan rumah mantan Wali Kota Tangerang Selatan tersebut berada di Golkar.

"Saking bagusnya ada yang meminta: 'ikut kami saja'," kata Bahlil.

Sebelumnya Golkar memutuskan mendukung kader Gerindra Andra Soni di Pilgub Banten. Andra-Dimyati diusung Gerindra, PKS, PPP, Nasdem, Demokrat, PKB, dan PSI.

Sebelumnya, PDIP mengumumkan Airin Rachmi Diany yang berpasangan dengan Ade Sumardi di Pilgub Banten. Airin, yang merupakan politisi Golkar, mendapatkan tiket PDIP meski partai beringin tak memberikan rekomendasi.

"Rakyat mengukuhkan pasangan ini meski ada hambatan kiri kanan," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam pengumuman di DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8).

Meski demikian, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat meminta mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu mengenakan atribut warna PDIP. "Mbak Airin, nanti musti pakai merah hitam lho," kata Megawati.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...