Profil Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja yang Diusung PDIP di Pilgub Jabar

Ira Guslina Sufa
30 Agustus 2024, 07:39
PDIP
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww.
Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono (kanan) didampingi Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Barat Abdy Yuhana (kiri) menunjukkan berkas administrasi saat mendaftarkan pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja di Kantor KPU Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/8/2024) malam.
Button AI Summarize

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jawa Barat 2024. Keputusan mengusung Jeje - Ronal dilakukan menjelang berakhirnya masa pendaftaran pada Kamis (29/8) malam. 

Sebelumnya PDIP disebut akan mengusung Anies Baswedan berpasangan dengan Ono Surono yang merupakan ketua Dewan Pengurus Daerah PDIP Jawa Barat. Anies baru resmi menyatakan tidak ikut dalam pilkada dan menolak tawaran PDIP dua jam sebelum penutupan pendaftaran. 

Saat pendaftaran, Jeje dan Ronal hanya hadir secara daring. Dalam jaringan videonya, Jeje terlihat di sebuah bangunan seperti rumah, sementara Ronal terlihat seperti tengah di mobil dalam suatu perjalanan. Hal ini cukup mengejutkan publik termasuk wartawan yang hadir di Kantor KPU Provinsi Jabar mengingat ketika rombongan pengurus PDIP datang pada 23.30 WIB, terlihat Ono Surono yang sebelumnya santer terdengar sebagai calon gubernur yang diusung oleh PDIP. 

Acara pendaftaran pun sempat terhenti hingga akhirnya pada pukul 00.00 hari Jumat (30/8) perwakilan PDI Perjuangan Jabar, Abdy Yuhana, memberikan sambutannya. Abdy mengatakan mereka hadir ke KPU Provinsi Jabar dalam rangka mendaftarkan calon yang diusung PDIP. 

"PDIP tidak kekurangan kader di kota/kabupaten. Tujuan Kami tak semata untuk meraih kekuasaan, tetapi bersama-sama menjaga demokrasi," kata Abdy. 

Abdy yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa calon yang diusung oleh partainya memiliki pengalaman baik legislatif maupun eksekutif. Kejutan pun hadir ketika bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari PDIP untuk memberikan keterangannya. 

Pada saat itu muncul Jeje Wiradinata (Bupati Pangandaran) dan Ronal Surapradja (aktor) dalam video call. Namun, pada kesempatan itu Ono sendiri tidak berbicara dalam sesi tersebut. Jeje dalam sambutannya secara virtual mengaku kaget atas pendaftaran sebagai kontestan dalam Pilgub Jabar 2024.

Lalu bagaimana sepak terjang Jeje dan Ronal yang diusung PDIP maju di Pilkada Jabar?

Profil Jeje Wiradinata Calon Gubernur Jabar

Jeje Wiradinata adalah seorang politisi Indonesia yang dikenal sebagai Bupati Pangandaran, sebuah kabupaten di Jawa Barat. Ia telah menjabat sebagai Bupati Pangandaran selama beberapa periode dan dikenal cukup berpengaruh di daerah tersebut. 

PDIP mengusung Jeje sebagai salah satu kandidat di Pilkada Jawa Barat karena rekam jejaknya yang kuat dalam memimpin daerah terutama dalam pembangunan infrastruktur dan pariwisata di Pangandaran. Ia dikenal karena berbagai kebijakan dan program pembangunan yang dijalankannya di Pangandaran.

Dalam sambutan saat pendaftaran secara online, Jeje mengatakan terkejut saat keputusan itu ia terima. Namun ia menyatakan akan siap untuk bertarung di Pilkada Jawa Barat.

"Saya dan Ronal akan maju di Pilgub Jabar. Kaget ketika mendengar hal ini dan saya memahami betul sebagai Bupati di kampung disurvei tidak ada, tapi hari ini bukan perihal itu. PDIP adalah partai yang konsen terhadap demokrasi, tentu ini jadi yang paling pokok," ujarnya secara virtual. 

Jeje sudah menjabat sebagai Bupati Pangandaraan sejak 2016 dan kini telah memasuki periode kedua. Sebelum di Pangandaraan ia menjadi Wakil Bupati di Ciamis. Sebelumnya nama Jeje sempat masuk dalam bursa calon wakil gubernur. Saat itu ia digadang akan mendampingi Ilham Habibie.

Profil Ronal Supradjaja Calon Wakil Gubernur PDIP di Jabar

Ronal Surapradja adalah seorang figur publik yang lebih dikenal sebagai presenter, komedian, dan aktor di Indonesia. Sebelumnya, ia adalah bagian dari grup komedi "Extravaganza" yang populer di awal 2000-an. 

Ronal dikenal karena keterlibatannya di berbagai acara hiburan televisi. Terlepas dari latar belakangnya di dunia hiburan, Ronal juga menunjukkan ketertarikan dan keterlibatan dalam berbagai isu sosial dan politik, yang mendorong PDIP untuk mengusungnya sebagai kandidat di Pilkada Jawa Barat.

Pada pemilu 2024, Ronal maju sebagai calon legislatif Kabupaten Garut, Tasikmalaya melalui PDIP. Ia menyatakan ingin serius di dunia politik agar bisa memajukan Kabupaten Garut. 

Merujuk pemberitaan Antara, Ronal pernah menjadi pembawa acara bersama Nico Siahaan dalam acara kampanye calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo di Lapangan Tegalega Bandung.

Nama Ronal mulai dikenal di dunia hiburan saat menjadi penyiar radio Jak FM. Saat ini Ronal bergabung dalam The Prediksi, sebuah klub motor yang didirikan Andre Taulany. Di klub ini Ronal dijuluki El Kolbu lantaran kolesterolnya kambuh saat pesta seafood dalam kegiatan touring The Prediksi. El Kolbu sendiri merupakan pelesetan dari kolesterol kambuh. 

Di dunia aktor, Ronal turut membintangi sejumlah film di antaranya Janji Joni (2005), Dunia Lain: The Movie (2006), The Wedding and Bebek Betutu (2015), dan Mau Jadi Apa? (2017). Ia kini terlihat aktif mendesain busana menggunakan batik dan tenun hingga membuat label sendiri yaitu Lawlaka. 



Reporter: Ade Rosman, Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...