Angkasa Pura II Investigasi Penyebab Kebakaran di Terminal 3 Bandara Soetta

Ferrika Lukmana Sari
1 September 2024, 11:00
Kebakaran
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nz
Calon penumpang antre untuk lapor diri di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (6/4/2024). PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan puncak arus penumpang mudik Lebaran 2024, melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta terjadi pada 6 April 2024 dengan total 188 ribu penumpang 1.212 penerbangan.
Button AI Summarize

PT Angkasa Pura II tengah melakukan investigasi terkait peristiwa kebakaran yang terjadi di salah satu tenant food and beverage (F&B) di area keberangkatan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang.

SM Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi menyampaikan, bahwa proses investigasi dilakukan untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

"Investigasi terkait penyebab munculnya titik api di salah satu tenant tersebut tengah berjalan," kata Holik dalam keterangan resmi, Minggu (1/9).

Pihak Angkasa Pura II memohon maaf kepada para penumpang pesawat terhadap kenyamanan yang timbul akibat peristiwa kebakaran tersebut. "Saat ini operasional penerbangan Bandara Soekarno-Hatta tetap berjalan dengan normal," ujar Holik.

Dipadamkan dengan Cepat

Sebelumnya, peristiwa kebakaran tersebut terjadi pada Minggu (1/9) pukul 04.24 WIB. Kebakaran terjadi di salah satu tenant food and beverage (F&B) pada area terminal 3 Bandara Soetta.

"Muncul titik api yang kemudian telah berhasil dipadamkan personel Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) sekitar pukul 04.30 WIB," kata Holik.

Titik api yang muncul berhasil dipadamkan dengan cepat sesuai prosedur dan dibantu fasilitas antara lain alat pemadaman api ringan (APAR) dan hydrant sehingga tidak merambat ke lokasi lainnya.

Saat ini, personel ARFF tengah melakukan langkah-langkah normalisasi pada lokasi munculnya titik api tersebut, termasuk menghilangkan asap di dalam terminal menggunakan vacuum smoke dan exhaust fan.

Reporter: Ferrika Lukmana Sari

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...