Jokowi Pimpin Rapat Terakhir Sambut Paus Fransiskus, Kunjungan Bersejarah

Muhamad Fajar Riyandanu
3 September 2024, 10:55
jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato saat penyerahan penghargaan Agricola Medal di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuntaskan rapat terbatas terakhir soal persiapan penyambutan Paus Fransiskus ke Indonesia. Rapat terbatas dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Ketua Panitia Penyambutan Paus ke Indonesia Ignasius Jonan serta Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo.

Jokowi mengatakan bahwa kunjungan Paus Fransiskus kali ini merupakan lawatan kenegaraan ketiga dari pimpinan Gereja Katolik Roma. Dua kunjungan sebelumnya dilaksanakan oleh Paus Paulus ke-6 pada 1970 dan Paus Yohanes Paulus ke-2 pada 1989.

"Sebentar lagi yang teramat mulia Paus Fransiskus akan tiba di Jakarta. Kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah, sudah direncanakan beberapa tahun lalu tapi tertunda karena Pandemi Covid-19," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers.

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia dan Vatikan memiliki komitmen serupa untuk memupuk perdamaian dan persaudaraan serta menjamin kesejahteraan bagi umat manusia. Ia menguraikan, Paus Fransiskus akan menetap di Indonesia selama 4 hari untuk melakukan pertemuan kenegaraan serta pertemuan dengan korps diplomatik dan wakil-wakil masyarakat.

Paus Fransiskus juga dijadwalkan untuk menggelar misa kudus dan pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal Jakarta. "Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terimakasih atas kunjungan yang teramat mulia Paus Fransiskus ke Indonesia, selamat datang yang teramat mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," ujar Jokowi.

Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto mengatakan Paus bakal berada di Indonesia sejak tanggal 3 hingga 6 September 2024.

"Paus akan tiba di Jakarta pada tanggal 3 September kemudian pada tanggal 4 akan diadakan upacara resmi kenegaraan untuk diterima oleh Bapak Presiden di Istana Merdeka," kata Andy saat menyampaikan konferensi pers di Istana Merdeka Jakarta pada Senin pekan lalu. 

Setelah bertemu dengan Presiden Jokowi, Paus juga dijadwalkan untuk memimpin misa akbar di Komplek Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada 5 September. Paus juga akan mengisi acara di Gereja Katedral yang bekerja sama dengan Masjid Istiqlal. "Misa akbar ini akan melibatkan kurang lebih sekitar 90 ribu warga umat katolik," ujar Andy.

Indonesia akan menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya pada September 2024. Setelah Indonesia, Sri Paus akan berkunjung ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...