Petinggi PKS Bercerita Turut Sarankan Anies Bikin Partai, Jadi Pembelajaran

Ade Rosman
3 September 2024, 16:41
PKS Anies Baswedan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ketua Majelis Syuro PKS Salim Assegaf Aljufrie (kedua kanan) berpelukan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) disaksikan Presiden PKS Sohibul Iman (kiri) dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PKS 2019 di Jakarta, Kamis (14/11/2019).
Button AI Summarize

Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengaku sempat menyarankan Anies Baswedan membuat partai politik sendiri. Pria yang dikenal dengan nama HNW itu mengatakan wacana itu sempat dibahas Anies dengan beberapa petinggi PKS.

"Kami sendiri, saya, pernah sampaikan ke beliau (Anies) tentang opsi untuk kenapa beliau tidak membuat partai saja begitu," kata HNW di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

Ia mengatakan, Anies juga sempat membicarakan wacana itu dengan Ketua Majelis Syura (PKS) Salim Segaf Al Jufri, juga Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Di sisi lain, HNW juga mengomentari pernyataan Anies yang menyebut partai politik bak tersandera di Pilkada 2024. 

Ia mengatakan, tak perlu mengeluarkan penilaian-penilaian yang tak proporsional. "Inilah yang terjadi mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran ke depan, termasuk juga bagaimana kita berkomunikasi atau berkolaborasi dengan parpol-parpol," kata dia.

Sebelumnya, Anies mengirim sinyal bakal mendirikan organisasi massa (ormas) atau partai politik baru untuk menampung aspirasi dan semangat perubahan yang makin berkembang di masyarakat. Rencana ini ditempuh setelah Anies batal terlibat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Dia menyampaikan keinginan untuk membuat ormas atau partai politik masih memantau dan memperhitungkan aspirasi semangat perubahan yang belakangan ini cenderung bermunculan. Anies menyampaikan gagasan tersebut dalam tayangan video bertajuk 'Catatan Anies Pasca Pilpres dan Pendaftaran Pilkada 2024' yang disiarkan oleh kanal Youtube Anies Baswedan pada Jumat (30/8).

"Bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang semakin hari makin terasa besar dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," kata Anies.

Mantan Calon Presiden 2024 ini berharap niat untuk mendirikan ormas dan partai politik dapat terwujud dalam waktu dekat. Anies berharap adanya organisasi politik baru yang ia bangun dapat mendukung terciptanya demokrasi yang sehat dan iklim politik yang lebih berfokus pada penciptaan gagasan politik.

"Semoga tidak terlalu lama lagi kita bisa mewujudkan langkah -langkah kongkrit untuk bisa mewadahi gerakan yang sekarang ini makin hari makin membesar, menginginkan indonesia yang lebih setara," ujar Anies.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...