Rano Karno Janji akan Revitalisasi Pasar Tradisional Jika Menang Pilgub Jakarta

Ferrika Lukmana Sari
7 September 2024, 17:14
Rano Karno
ANTARA FOTO/Muhammad Ramdan/aww.
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung (kedua kanan) dan bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Rano Karno (kanan) memberikan keterangan pers sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta, Jumat (30/8/2024). Pramono Anung dan Rano Karno menjadi pasangan pertama dari tiga bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai syarat Pilgub DKI Jakarta.
Button AI Summarize

Calon Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno atau biasa disapa 'Bang Doel' ini berjanji merevitalisasi pasar tradisional di daerah itu dalam rangka mendongkrak perekonomian.

"Pasar tradisional akan kita revitalisasi karena di situlah tempat berkumpul masyarakat," kata Bang Doel saat menyerap aspirasi warga di Pasar Muara Karang, Pluit, Jakarta, Sabtu (7/9).

Menurut Rano, pasar adalah tempat bersosialisasi dan tempat untuk berkoordinasi sehingga tak hanya tempat jual beli. "Karena mulai dari pasar, itu akan timbul simpati dan akan solidaritas," katanya.

Dengan begitu, revitalisasi membawa arah yang positif untuk para pedagang karena pasar yang dalam keadaan rapi dan bersih, dapat membuat pengunjung berdatangan. 

"Pasti ekonomi akan bergerak. Artinya pasar itu penting. Pedagang yang di jalan kita tarik ke dalam, supaya tak ganggu lalu lintas," ujarnya.

Sambut Bang Doel di Pluit

Saat kunjungan di Pasar Muara Karang, Bang Doel disambut antusiasme masyarakat dan pedagang. Banyak warga dan pedagang meneriaki nama Bang Doel di setiap lorong pasar.

Mendengar teriakan tersebut, Bang Doel sempat melakukan interaksi kepada warga dan pedagang. Tidak lupa menerima ajakan berfoto bersama untuk mengabadikan momen tersebut. 

"Bang Doel, Bang Doel," teriak warga. Lalu dia membalasnya spontan sambil mengatakan, "Ayo, ayo, siape lagi yang mau foto bareng, biar sekalian dah ayo," kata Bang Doel.

Pasangan calon (paslon) Pramono Anung dan Rano Karno diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Hanura sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

Paslon lainnya adalah Ridwan Kamil-Suswono yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus dan dari jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Pramono-Rano tercatat menjadi paslon pertama yang mendaftar di KPU Jakarta.

Pendaftaran Pilkada ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Pilkada untuk memilih gubernur, bupati dan wali kota ini akan diselenggarakan serentak di seluruh daerah pada 27 November 2024 mendatang.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...