Jokowi akan Gelar Sidang Kabinet di IKN pada Jumat Pekan Ini

Andi M. Arief
10 September 2024, 19:40
Jokowi, ikn, sidang kabinet
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Plt Ketua OIKN Basuki Hadimuljono (kiri), Mensesneg Pratikno (kedua kiri), Seskab Pramono Anung (kempat kiri) dan dan Plt Wakil Ketua OIKN Raja Juli Antoni (kelima kiri) tiba untuk meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (14/8/2024). Sumbu kebangsaan merupakan ruang terbuka yang menggambarkan keharmonisan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam lingkungan, dan manusia dengan sesamanya.
Button AI Summarize

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan Presiden Joko Widodo akan berkantor di Ibu Kota Nusantara pada pekan ini. Jokowi juga akan menggelar sidang kabinet paripurna di IKN pada Jumat (13/9).

Basuki menjelaskan, Jokowi akan mendarat di Bandara VVIP IKN pada Kamis (12/9). Menurutnya, Bandara VVIP IKN dapat melayani Pesawat Kepresidenan lantaran landasan pacu bandara tersebut telah mencapai 2.200 meter.

"Saat ini panjang landasan pacu sudah mencapai 2.100 meter. Mudah-mudahan nanti malam sudah menjadi 2.200 meter," kata Basuki di Gedung DPR, Senin (9/9).

Pesawat Kepresidenan adalah varian dari Boeing 747-200 yang membutuhkan landasan pacu setidaknya 2.200 meter. Adapun landasan pacu bandara VVIP di IKN dirancang memiliki panjang 3.000 meter.

Sebuah pesawat membutuhkan tiga bagian untuk dapat mendarat di sebuah bandara, yakni landasan pacu, taxiway, dan apron. Basuki mengatakan tiga bagian tersebut telah rampung pada pekan lalu, Jumat (6/9).

Pagu paket proyek Bandara VVIP IKN adalah Rp 4,28 triliun. Lokasinya dirancang hanya 15 menit dari IKN dan 25 kilometer dari Bandara Sepinggan, Balikpapan.

Di sisi lain, Basuki menyampaikan para menteri sudah dapat berkantor di seluruh kompleks perkantoran Kementerian Koordinator. Basuki mengatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy telah menggelar rapat koordinasi di Kompleks Kantor Kemenko pada bulan lalu, Jumat (30/8).

Namun demikian, Basuki mengakui penggunaan seluruh kompleks perkantoran Kemenko masih digunakan secara bertahap. Ini karena belum seluruh lantai gedung di kompleks Kemenko dapat digunakan.

Sementara itu, aparatur sipil negara kini dapat menghuni 14 menara apartemen ASN. Secara rinci, total unit yang dapat digunakan mencapai 600 unit yang dapat menampung maksimal 1.800 orang. "Saya kira IKN sudah siap minimal untuk melayani pekerjaan administrasi pemerintahan," ujarnya.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...