Profil Gus Ipul Saifullah Yusuf, Menteri Sosial Dilantik Jokowi Gantikan Risma

Ira Guslina Sufa
11 September 2024, 09:28
Menteri Sosial
ANTARA FOTO/Muhammad Ramdan/Sp
Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (tengah) didampingi Ketua Lembaga Ta'lif wan Nasyr (Infokom dan publikasi) PBNU H Ishaq Zubaedi Raqib (kanan) dan Bendahara Umum PBNU Gudfan Arif Ghofur (kiri) menyampaikan keterangan kepada wartawan dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/8/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo melantik Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Menteri Sosial pada Rabu (11/9). Gus Ipul merupakan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga Wali Kota Pasuruan. 

“Bapak Presiden akan melantik Bapak Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial untuk sisa masa jabatan tahun 2019—2024," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Rabu pagi.

Gus Ipul akan menggantikan posisi Tri Rismaharini yang sebelumnya mengundurkan diri dari kursi Menteri Sosial. Risma mundur karena maju pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2024.

Selain melantik Gus Ipul, Presiden juga akan melantik Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Presiden juga akan melantik Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Bagaimana profil Saifullah Yusuf yang menjabat Menteri Desa? 

Rekam Jejak dan Karier Politik Gus Ipul Saifullah Yusuf

Muhammad Saifullah Yusuf adalah salah satu tokoh politik berpengaruh di Indonesia saat ini. Ia lahir di Pasuruan pada Agustus 1964 dan tumbuh di lingkungan keluarga Nahdlatul Ulama (NU). 

Gus Ipul merupakan keponakan dari Presiden ke-4 RI, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang memperkuat koneksinya dengan jaringan Nahdliyin sejak dini. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Nasional Jakarta pada 1985. 

Semasa mahasiswa Gus Ipul aktif dalam organisasi kemahasiswaan serta menjabat sebagai ketua senat pada 1988–1990. Karier organisasi Gus Ipul dimulai ketika ia menjadi Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar NU pada 1990-1995, diikuti dengan dua periode sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor dari 2000 hingga 2010.

Selain aktif di bidang sosial keagamaan, Gus Ipul juga memiliki karier politik yang panjang. Pada 1999, ia mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari PDIP, namun kemudian pindah ke PKB pada 2001 dan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal partai tersebut pada 2002. 

Pada periode 2004-2007, Gus Ipul diangkat sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia juga memiliki pengalaman eksekutif yang mumpuni sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode, mendampingi Soekarwo dari 2009 hingga 2018. 

Selain itu, ia menjabat sebagai Ketua Kwarda Pramuka Jawa Timur selama dua periode, 2010–2015 dan 2015–2020. Saat ini, Gus Ipul menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan sejak 2020.



Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...