Nawawi Curhat Jokowi Lebih Mudah Bertemu Ormas Dibanding Pimpinan KPK

Ade Rosman
13 September 2024, 13:28
KPK
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (kanan) bersama Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango (kiri) menyampaikan paparan dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/7/2024).
Button AI Summarize

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengungkapkan sulitnya pimpinan lembaga antirasuah untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nawawi menyebut, dalam lima tahun pimpinan KPK saat ini menjabat tak pernah diundang oleh Jokowi.

"Lima tahun kami di sana (menjabat), tidak pernah sekalipun kami diundang untuk membicarakan KPK," kata Nawawi dalam Media Gathering di Bogor, Jawa Barat, disiarkan di YouTube Kompas seperti dikutip Jumat (13/9).

Nawawi mengatakan selama ini telah mengupayakan sejumlah hal agar bisa bertemu dengan Jokowi. Menurut dia, pertemuan dengan Presiden baru terjadi sekali saat merencanakan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia).

Pada 2022 lalu, saat Jokowi melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua KPK, pimpinan lembaga antirasuah lainnya sempat berharap akan dipanggil Jokowi usai pelantikan untuk membahas persoalan di KPK. Namun menurut dia keinginan itu tidak terwujud. 

"Tidak (dipanggil). Yang dipanggil itu Dewas (Dewan Pengawas) saat itu," kata Nawawi.

Pada kesempatan yang sama, Nawawi mengaku sempat melayangkan candaan pada Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. Ia menggoda Alexander dengan mengirimkan tautan berita yang menunjukkan Jokowi bertemu dengan organisasi masyarakat (ormas). 

Beriringan dengan hal itu, ia berseloroh pada Alex bahwa Jokowi lebih mudah bertemu ormas. "Pak Alex, lebih mudah ormas ya ketemu Pak Presiden daripada pimpinan KPK," kata Nawawi.

Adapun, pimpinan KPK saat ini akan menghabisi masa tugasnya hingga Desember 2024. Untuk mengisi posisi pimpinan KPK selanjutnya kini tengah dalam proses seleksi. 

Panitia Seleksi yang diketuai Muhammad Yusuf Ateh telah mengumumkan 20 nama calon pimpinan yang lolos tes asesmen. Adapun 20 nama lain merupakan calon dewan pengawas. Selanjutnya para kandidat yang lolos akan ikut tes kesehatan dan wawancara. 


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...