Jokowi Tawarkan 493 Bidang Lahan IKN ke Investor Pekan Depan

Ameidyo Daud Nasution
13 September 2024, 18:35
ikn, jokowi, lahan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (ketiga kanan) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kiri) melepas liarkan burung saat mencanangkan hutan pendidikan Wanagama Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo akan menawarkan 493 bidang tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada investor swasta. Lahan tersebut akan digunakan untuk hotel, perkantoran, hingga perdagangan.

Rencananya, Jokowi akan menawarkan lahan tersebut pada pekan depan. Ia juga telah menerima laporan dari Pelaksana tugas Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono soal ini.

"Saya ingin memberikan peluang sebanyak-banyaknya kepada investasi swasta," kata Jokowi di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (13/9) dikutip dari Antara.

Jokowi menyerahkan kepada investor soal peruntukan lahan tersebut. Jika tak ada peminat, mantan Wali Kota Solo itu akan menyerahkan tanah tersebut kepada konsorsium yang telah ada di IKN.

Sedangkan Jokowi hari ini meresmikan Hotel Nusantara Swissotel serta groundbreaking Nusantara Mall Duty Free di IKN. Presiden juga mencanangkan hutan pendidikan Wanagama Nusantara di ibu kota baru.

Sebelumnya, Basuki Hadimuljono mengatakan ada tujuh investor akan groundbreaking di IKN pada bulan ini. Sektornya adalah pendidikan hingga hotel.

"Pendidikan, hotel, properti, sport center," kata Basuki di Jakarta, Rabu (21/8).

Sejumlah investor yang akan groundbreaking tahap ketujuh di IKN antara lain BCA, Intiland, Royal Golden Eagle, dan Swiss-Belhotel.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...