Ketatnya Pengamanan Munaslub Kadin Siang Ini, Prajurit TNI Ikut Berjaga

Andi M. Arief
14 September 2024, 15:05
Personel TNI terpantau menjaga pelaksanaan Munaslub Kadin di Hotel St Regis, Jakarta, Sabtu (14/9). Foto: Andi M Arief/Katadata
Katadata
Personel TNI terpantau menjaga pelaksanaan Munaslub Kadin di Hotel St Regis, Jakarta, Sabtu (14/9). Foto: Andi M Arief/Katadata
Button AI Summarize

Penjagaan Musyawarah Nasional Luar Biasa Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia terpantau ketat. Setiap 5-10 meter di lantai dasar Hotel St Regis dijaga oleh petugas keamanan berkaos merah. 

Sementara itu, petugas berseragam TNI tampak menjaga gerbang ke kawasan Munaslub di lantai dua. Sesekali petugas berseragam TNI tersebut melakukan patroli ke lantai pertama hingga lantai bawah tanah. 

Setiap orang yang hendak memasuki kawasan Munaslub harus memiliki tanda pengenal yang disertai kode QR. Sebab, tidak semua anggota Kadin yang hadir dapat memasuki kawasan Munaslub 2024. 

 Hingga sekitar pukul 14.20 WIB, telah ada satu pejabat negara yang tiba di Hotel St Regis, yakni Menteri Investasi Rosan Roeslani. Adapun Rosan tampal disambut oleh Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Anindya Bakrie dan Ketua Bidang Perindustrian Kadin Bobby Gafur Umar. 

 Di samping itu, terpantau hadir Kepala Badan Penegakan Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kadin Bambang Soesatyo, dan Presiden Komisaris PT Blue Bird Tbk Bayu Priawan. Adapun Bayu kini menjabat sebagai Ketua Pelaksana Munaslub Kadin 2024.

 "Munaslub Kadin hari ini sudah sesuai dengan AD/ART. Munaslub kini sudah kuorum sebab dihadiri lebih dari 20 Kadin Daerah," kata Bayu di St Regis Jakarta, Sabtu (14/9).

 Selain itu, tampak CEO PT Maharaksa Biru Energi Tbk dan Ketua Bidang Perindustrian Kadin Bobby Gafur Umar dan Ketua Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia Redma Wirawasta.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kadin Bangka Belitung Thomas Jusman mengatakan Munaslub Kadin 2024 dilakukan untuk menyikapi dinamika di Kadin saat ini. Oleh karena itu, Thomas menilai Munaslub dilakukan demi Kadin yang lebih baik.

Meski demikian, sejumlah pengurus Kadin daerah menolak Munaslub ini. Salah satunya, Ketua Umum Kadin Gorontalo Muhalim Djafar Litty yang tetap mendukung Arsjad menyelesaikan jabatannya pada 2026 mendatang. 

"Munaslub tidak dikenal kecuali dalam kasus pelanggaran berat atau pengunduran diri Ketua Umum,” ujar Ketua Umum Kadin Gorontalo, Muhalim Djafar Litty dalam keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Sabtu (14/9).


Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...