DPR Setujui Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Siap Perkuat Timnas

Ira Guslina Sufa
17 September 2024, 14:55
DPR
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Suasana rapat kerja bersama Komisi III DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/7/2024).
Button AI Summarize

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi persoalan hukum menyetujui permohonan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atau naturalisasi dua atlet sepak bola asal Belanda. Dua atlet yang dapat naturalisasi dan segera memperkuat Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia adalah Mees Victor Joseph Hilgers dan Eliano Johannes Reijnders Lekatompessy.

Persetujuan itu diambil dalam rapat kerja yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh. Adapun permohonan naturalisasi itu disetujui setelah diajukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berdasarkan Surat Presiden Nomor R-47/Pres/09/2024 dan R-48/Pres/09/2024.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas yang hadir dalam rapat itu pun menyatakan sudah memeriksa semua dokumen kelengkapan permohonan naturalisasi. Ia menyebut dokumen kewarganegaraan Eliano dan Mees sudah sesuai peraturan perundang-undangan.

Dito pun memaparkan bahwa kedua atlet yang dikenal dengan nama singkat Eliano Reijnders dan Mees Hilgers itu merupakan atlet muda berusia 23 tahun. Keduanya disebut memiliki darah keturunan Indonesia dari sisi ibu.

Menurut Dito ibu dan kakek dari Eliano lahir di Jakarta. Sedangkan kakek Mees lahir di Ambon. Dia pun mengatakan pihaknya mengajukan naturalisasi dua atlet tersebut dengan pertimbangan proyeksi pemberdayaan atlet untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Adapun timnas sepakbola Indonesia saat ini tengah berada dalam laga penentuan prakualifikasi ketiga Piala Dunia 2026. Pada dua pertandingan sebelumnya timnas Indonesia menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 dan imbang melawan Australia dengan skor 0-0. 

Reporter: Ade Rosman, Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...