Puan Ungkap Potensi Kader PDIP Masuk Daftar Menteri Kabinet Prabowo - Gibran

Ade Rosman
27 September 2024, 15:55
Prabowo
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Ketua Dewan Peilan Rakyat (DPR) Puan Maharani berjalan menuju tempat duduk usai menyampaikan sambutan dalam pembukaan Sidang ke-2 Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) di Jakarta, Kamis (25/7/2024).
Button AI Summarize

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani tak menutup kemungkinan kader partai banteng bergabung di kabinet Prabowo Subianto-GIbran Rakabuming Raka. Hal itu disampaikan Puan menanggapi isu Menteri Kesehatan yang juga merupakan kader PDIP Budi Gunadi Sadikin masuk sebagai salah satu menteri di pemerintahan mendatang.

"Apakah akan menempatkan salah satu kader atau tidak, kita tunggu saja," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9).

Di sisi lain, Puan juga berbicara mengenai wacana pertemuan presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto. Puan yang juga merupakan putri dari Megawati mengatakan wacana pertemuan tengah dibicarakan secara intensif.

"Untuk pertemuan dengan Pak Prabowo, seperti yang sudah disampaikan, tetap dalam komunikasi yang intensif," kata dia.

Belakangan, nama Budi diisukan akan menjadi salah satu menteri di kabinet pimpinan Prabowo. Budi mengaku, sering berkomunikasi dengan Prabowo, namun dalam kapasitas sesama menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Adapun Prabowo sebelumnya dikabarkan telah memulai proses penyusunan kabinet periode pemerintahan 2024-2029. Sejumlah perangkat hukum juga telah disiapkan untuk mengakomodasi keperluan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka. 

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyetujui revisi Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. Revisi UU Kementerian Negara memberikan keleluasaan bagi presiden untuk menentukan jumlah kementerian.

Bersamaan itu, sejumlah figur politisi dan pimpinan partai politik digadang-gadang bakal diangkut oleh Prabowo untuk mengisi pos-pos mentari yang tersedia. Nama-nama yang kerap bersinggungan dengan jatah menteri Prabowo yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sugiono. 

Selain itu, muncul nama Wakil Menteri Keuangan Thomas Aquinas Muliatna (Tommy) Djiwandono. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo pernah menyampaikan kisi-kisi beberapa menteri yang akan duduk di Pemerintahan Prabowo. 

Menurut Hashim, ada empat lulusan SMA Taruna Nusantara bakal menjadi menteri di pemerintahan Prabowo - Gibran nantinya. Hashim pun mengaku telah mengetahui nama-nama kandidat menteri di kabinet pemerintahan mendatang. Kendati demikian, adik Prabowo tersebut belum mengungkapkan secara gamblang pada publik nama-nama yang dimaksud. Nama Budi pun masuk dalam daftar tokoh potensial jadi menteri Prabowo. 


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...