Jokowi dan Prabowo Hadir Semobil ke Pelantikan Anggota DPR Hari Ini

Ade Rosman
1 Oktober 2024, 10:26
jokowi, prabowo, dpr
Youtube/DPR
Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto menghadiri pelantikan Anggota DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10). Foto: Youtube/DPR
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto tiba bersamaan saat menghadiri pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2024-2029 pada Selasa (1/10).

Keduanya, yang mengenakan pakaian rapi berbalut jas dan mengenakan peci, tiba semobil di kompleks parlemen sekira pukul 09.35 WIB. Kedatangan Jokowi dan Prabowo disambut oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin serta Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad.

Agenda hari ini dimulai pukul 09.20 WIB dengan agenda pengumuman Ketua KPU RI tentang anggota tertua dan termuda DPR, DPD, dan MPR.

Kemudian, Sekretaris Jenderal masing-masing lembaga akan mengumumkan pimpinan sementara DPR, DPD, MPR, yang diisi oleh anggota tertua dan termuda itu.

Acara dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji jabatan yang bakal dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung. Lalu dilanjutkan dengan penyerahan memori dari Pimpinan DPR RI lama ke Pimpinan DPR RI sementara, begitu pula DPD RI dan MPR RI.

Berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang hasil Pemilu Legislatif 2024 untuk periode 2024-2029, anggota DPR RI yang terpilih bertambah dari 575 anggota menjadi 580 anggota karena adanya pemekaran provinsi di daerah Papua.

Sementara itu, partai politik yang lolos ke DPR RI berkurang dari 9 partai politik menjadi 8 partai politik. Adapula anggota DPD berjumlah 152 orang. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...