Said Abdullah Bocorkan Kandidat Paket Pimpinan DPR, Puan hingga Dasco Masuk

Muhamad Fajar Riyandanu
1 Oktober 2024, 11:13
dpr, puan maharani, sufmi dasco
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU
Ketua DPR Puan Maharani (lima kanan) didampingi Wakil Ketua DPR Sufni Dasco Ahmad (keempat kanan), Lodewijk Freidrich Paulus (keempat kiri) dan Rachmat Gobel (kedua kiri) berfoto bersama Calon Anggota BPK RI Periode 2024-2029 pada Sidang Paripurna DPR RI Ke-6 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025 di Gedung Nusantara II, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).
Button AI Summarize

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terpilih 2024-2029 Said Abdullah menyebutkan sejumlah politisi yang berpotensi kuat menduduki kursi pimpinan legislatif dalam lima tahun ke depan.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) ini menyampaikan ada lima anggota DPR terpilih yang kemungkinan bakal menjadi pimpinan.

Mereka adalah anggota DPR Derah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah V fraksi PDIP Puan Maharani, anggota DPR Dapil Banten III fraksi Partai Gerindra Sufmi Ahmad Dasco, anggota DPR Dapil Jawa Timur I fraksi Partai Golkar Adies Kadir, anggota DPR Dapil Jawa Barat VII fraksi Partai NasDem Saan Mustopa, dan anggota DPR Dapil Jawa Timur II fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKN) Faisol Riza.

"Sekelumit tentu dari Gerindra Pak Dasco, Golkar nampaknya menurut hemat saya Adies Kadir, dari NasDem saya dengar juga ada Saan Mustopa. Dari PKB mantan ketua Komisi VI adinda Riza," kata Said kepada wartawan di kompleks DPR Senayan Jakarta pada Selasa (1/10).

Said juga mengatakan bahwa sosok yang dianggap cocok untuk menjabatan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) adalah anggota DPR Dapil Lampung I fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani. "Kalau dari pandangan PDIP yang paling pas Pak Muzani," ujar Said.

Pada kesempatan itu, Said pun optmistis Ketua DPP PDIP Puan Maharani akan tetap menjabat sebagai Ketua DPR periode 2024-2029. Menurutnya, hal itu sesuai aturan yang telah ada.

"Sesuai dengan UU MD3 Insyaallah kalau tidak ada aral, tidak ada halangan, tidak ada hambatan, maka Mbak Puan untuk kedua kalinya memimpin DPR," kata Said.

Puan Maharani merupakan Ketua DPR periode 2019-2024. Sedangkan Sufmi Dasco adalah Wakil Ketua DPR periode 2019-2024.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...