Jokowi Dukung Rencana Pertemuan Megawati dan Prabowo: Demi Kemajuan Negara

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Oktober 2024, 12:18
jokowi, prabowo, megawati
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Smelter Amman Mineral Internasional di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat pada Senin (23/9). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi tanggapan positif soal rencana pertemuan antara presiden terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Jokowi menganggap bahwa komunikasi antar tokoh bangsa, termasuk Megawati dan Prabowo, penting untuk menjalin hubungan yang baik demi kemajuan negara dan bangsa. Menurut Jokowi, dialog dan komunikasi antar para pemimpin konstruktif untuk memajukan Indonesia.

"Saya kira baik pertemuan itu. Sehingga komunikasi antar tokoh-tokoh bangsa bisa sambung untuk kemajuan negara, untuk kemajuan bangsa," kata Jokowi kepada wartawan seusai meninjau Rumah Sakit Umum Daerah Kefamenamu, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur pada Selasa (2/10).

Sebelumnya, Presiden Terpilih Prabowo Subianto berharap pertemuan dengan Megawati Soekarnoputri dapat terlaksana sebelum dirinya dilantik pada 20 Oktober 2024.

"Mudah-mudahan sebelum pelantikan," kata Prabowo seusai menghadiri pelantikan Anggota DPR, MPR dan DPD RI 2024-2029 pada Selasa (1/10).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan rencana pertemuan Prabowo dengan Megawati terus dimatangkan.

Puan belum menjelaskan di mana pertemuan akan digelar. Namun, ia memastikan pertemuan antara kedua tokoh itu akan digelar di tempat yang disetujui kedua pihak.

Menurut Puan, pertemuan antara Megawati dan Prabowo itu akan terjadi pada waktu yang tepat. "Tidak saling menunggu, karena beliau berdua punya jadwal yang sama-sama sibuk," kata Puan. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...