Jokowi Puji Prabowo dalam Perkuat Pertahanan saat HUT TNI ke-79

Yuliawati
Oleh Yuliawati
5 Oktober 2024, 11:05
Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma\'ruf Amin dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada puncak perayaan peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas Jakarta, Sabtu (5/10/2024).
ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden
Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma\'ruf Amin dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada puncak perayaan peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas Jakarta, Sabtu (5/10/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto dalam pidato hari ulang tahun (HUT) ke-79 TNI. Jokowi memuji Prabowo yang dianggap meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia.

Jokowi menyebut Prabowo membuat kemajuan di bidang pertahanan, di antaranya modernisasi alutsista, menguatkan industri pertahanan dalam negeri dan diplomasi internasional di bidang pertahanan.

"Saya berterima kasih kepada Menteri Pertahanan Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo sekaligus sebagai presiden terpilih yang telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan," kata Jokowi di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10).

Dalam pidato tersebut, Jokowi juga menyapa Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming yang merupakan putra sulungnya. Prabowo dan Gibran akan resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2024.

Jokowi juga mengingatkan TNI untuk mendukung proses transisi pemerintahan baru dan menjaga proses pemilihan kepala daerah pada November.

"Saya minta jaga betul stabilitas. Dukung penuh proses transisi dan pastikan proses transisi berjalan lancar, jangan sampai ada riak yang berpotensi mengganggu keamanan negara," kata dia.

Markas Besar TNI menggelar puncak peringatan HUT Ke-79 TNI yang melibatkan total 100.000 prajurit dari tiga matra.

Rangkaian puncak peringatan itu diawali dengan upacara HUT Ke-79 TNI yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara (irup), sementara yang bertindak selaku komandan upacara ialah Mayjen TNI Djon Afriandi yang sehari-hari berdinas sebagai Komandan Jenderal Kopassus.

Dalam rangkaian upacara, Presiden Jokowi didampingi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto naik ke atas kendaraan taktis buatan dalam negeri Maung dan mereka mengitari Lapangan Silang Monas untuk mengecek pasukan.

Pada tahun sebelumnya, pengecekan pasukan biasanya hanya dilakukan pada satu sisi Lapangan Silang Monas, tetapi tahun ini Presiden mengitari Monumen Nasional karena jumlah pasukan yang cukup banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Selepas mengecek pasukan, acara diisi dengan pengucapan Sapta Marga oleh Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, yang didampingi oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Hudiarto Krisno Utomo, dan Panglima Komando Operasi Udara II Marsekal Muda TNI Budi Achmadi.

Kemudian, dalam rangkaian upacara, Presiden Joko Widodo juga menyematkan tanda kehormatan Bintang Yudha Dharma Pratama kepada sejumlah perwira TNI, yang diwakili oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, dan Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Marsekal Muda TNI Deni Hasoloan S.

Di sekitar lokasi upacara, masyarakat dari berbagai daerah Jabodetabek memadati area Monas, tetapi selama upacara berlangsung kunjungan warga ke area lapangan dibatasi. Warga dipersilakan masuk saat upacara berakhir dan rangkaian perayaan HUT diisi dengan defile pasukan dan parade alutsista.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...