Jokowi Buka Kans Groundbreaking Proyek Lagi di IKN Sebelum Lengser

Ameidyo Daud Nasution
6 Oktober 2024, 14:35
jokowi, ikn, nusantara
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo usai mendarat di Bandara VVIP IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Selasa (24/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo membuka kemungkinan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking di Ibu Kota Nusantara sebelum ia lengser. Namun, hal tersebut masih menunggu undangan dari Pelaksana tugas (Plt) Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono.

Jokowi juga meminta awak media menanyakan kemungkinan groundbreaking tahap berikutnya kepada Basuki yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kalau memang ada, saya datang lagi," kata Jokowi di IKN, Kalimantan Timur, Minggu (/10) dikutip dari Antara.

Sedangkan Basuki mengatakan Jokowi akan hadir kembali ke IKN pada 10 Oktober atau 11 Oktober untuk meresmikan pusat pelatihan milik Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Bersamaan dengan itu, Basuki mengupayakan ada groundbreaking lagi dilakukan. "Sedang difinalkan mana-mana saja yang sudah siap di-groundbreaking," kata Basuki.

Basuki mengatakan saat ini investasi di IKN dari sektor non APBN sudah mencapai Rp 58,4 triliun. Saat ini, pemerintah membuka sektor investasi, terutama logistik.

Jokowi mengatakan Keputusan Presiden alias Keppres terkait pemindahan ibu kota ke Ibu Kota Nusantara atau IKN sepatutnya diteken oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Keppres bisa diteken ketika segala hal terkait kesiapan di ibu kota baru sudah terpenuhi. “Seharusnya begitu. Presiden baru Prabowo yang menandatangani," kata Jokowi usai membuka Nusantara TNI Fun Run di IKN, Kalimantan Timur, Minggu (6/10).


Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...