Jokowi-Prabowo Bertemu Empat Mata Jelang Pelantikan, Bahas Transisi dan Kabinet?

Ade Rosman
9 Oktober 2024, 12:57
Kabinet
istimewa
Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar makan malam empat mata dengan presiden terpilih hasil pemilu 2024 Prabowo Subianto pada Selasa (8/10) malam. Pertemuan yang berlangsung di sebuah restoran di kawasan Jakarta itu terungkap ke publik setelah diunggah Jokowi dalam media sosial Instagram @jokowi miliknya.  

"Diskusi santai sambil santap malam bersama Presiden Terpilih Pak @prabowo. Tidak terasa dua jam lebih," tulis Jokowi dalam unggahannya.

Dalam media sosial itu diunggah foto Presiden Jokowi duduk berhadap-hadapan dengan Prabowo Subianto di meja makan. Mereka terlihat akrab satu sama lain. 

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membenarkan pertemuan tersebut. Ia mengatakan salah satu isu yang mungkin saja dibahas dalam pertemuan itu adalah berkaitan dengan penyusunan kabinet. 

Walaupun begitu, dia mengaku belum mengetahui persis isi pembicaraan antara kedua tokoh bangsa itu lantaran belum bertemu langsung dengan Prabowo. “Biasanya secara umum mungkin ada satu dua disampaikan (soal kabinet) dan saya juga belum tahu responnya bagaimana," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/10). 

Dasco yang kembali terpilih menjadi Wakil Ketua DPR itu mengatakan pembicaraan yang berlangsung selama dua jam itu menjadi momentum untuk kedua tokoh saling bertukar informasi. Terlebih lagi transisi pemerintahan segera terjadi saat Prabowo dilantik pada Minggu (20/10) mendatang. 

"Kalau dibilang pertemuan dalam rangka apa, kedua tokoh ini memang kerap bertemu dan sesekali bertemu di luar makan," kata Dasco lagi. 

Di samping itu, menurut dia, dalam pertemuan tersebut tidak ada pembicaraan tentang wacana pertemuan antara Prabowo dengan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri. Keyakinan itu disampaikan Dasco lantaran selama ini belum ada pembicaraan lanjutan dari Prabowo mengenai rencana pertemuan dengan Megawati yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). asa (8/10) malam.

Dasco mengungkapkan, Prabowo dan Jokowi sering bertemu. Tak jarang sesekali makan bersama. Kendati demikian, Dasco belum dapat memastikan pembicaraan di antara kedua tokoh tersebut lantaran belum bertemu langsung dengan Prabowo usai pertemuan. 


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...