Jelang Lengser, Jokowi dan Iriana Pamitan dengan Pegawai Istana  

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Oktober 2024, 16:47
jokowi, iriana, istana
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat berpamitan dengan pegawai Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/10). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana berpamitan dengan para pegawai, unsur pengamanan, petugas kebersihan hingga para jurnalis yang selama mendampingi kerja dan tugas kenegaraan keduanya selama 10 tahun belakangan. Agenda tersebut juga diselingi sesi foto bersama.

Dalam momen ini, Jokowi dan Iriana secara langsung menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menjalankan tugas negara. Salah satu yang diajak berpamitan adalah Kapten Inf Handi Sabush dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Rekan-rekan Paspampres mengucapkan banyak terima kasih, baik dari komandan maupun anggota. Selamat menunaikan purnatugas, semoga sehat-sehat selalu dan sukses buat Ibu dan Bapak beserta keluarga," kata Handi dalam siaran pers pada Kamis (10/10).

Kesan serupa juga diutarakan oleh petugas taman Istana, Suherman. Ia merasa bangga karena bisa berfoto bersama dengan Jokowi. “Selama ini sehari-hari ketemu hanya sekedar melihat saja saat bekerja,” kata Suherman, yang telah 20 tahun menjadi petugas taman Istana.

Claudio, seorang pramusaji yang telah lima tahun melayani Presiden dan Ibu Negara, mengatakan bahwa hubungan mereka bukan hanya sekadar atasan dan pelayan.

"Kami merasa sedih karena harus ditinggalkan oleh Bapak dan Ibu, karena beliau sangat perhatian dan selalu sederhana. Apa pun yang kami berikan, beliau terima dengan ucapan terima kasih," ujar Claudio.

Selain itu juga Imam Tambunan, seorang petugas kebersihan yang telah bertugas selama 10 tahun di Istana. Ia mengakui tidak bisa menyembunyikan kesedihannya.

"Bapak peduli dengan yang suka membersihkan ruangan jadi kita pernah dipanggil ke ruangan, diajak foto, salaman, Bapak juga mengucapkan terima kasih, mengapresiasi pekerjaan kami,” kata Imam.

Di akhir sesi foto, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menyampaikan ucapan terima kasih dan salam perpisahan kepada seluruh perangkat istana kepresidenan yang telah setia mendukung pekerjaan mereka selama ini.

“Terima kasih, terima kasih semuanya,” kata Jokowi dan Iriana.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...