Bambang Brodjonegoro hingga Rachmat Pambudy Dikabarkan Jadi Kepala Bappenas

Ameidyo Daud Nasution
14 Oktober 2024, 15:50
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)
Fauza Syahputra|Katadata
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden terpilih Prabowo Subianto tengah merancang kabinetnya yang akan bekerja pekan depan. Prabowo juga mulai memanggil calon menteri ke kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10).

Salah satu yang tengah disiapkan adalah calon Menteri Perencanaan Pembangunan (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Ada dua nama yang dikabarkan menjadi Kepala Bappenas yakni Bambang Brodjonegoro serta Rachmat Pambudy.

Hingga berita ini ditulis, Bambang Brodjonegoro belum membalas pesan singkat Katadata.co.id soal informasi ini. Sedangkan Rachmat Pambudy balik bertanya saat ditanya.

"(Ini kabar) angin ribut, angin puyuh, angin tornado, taifun atau angin sepoi-sepoi?" tanya balik Rachmat Pambudhy kepada Katadata.co.id, Senin (14/10).

Terkait kesiapannya jika dipanggil Prabowo untuk menjadi menteri, Rachmat menjawab dengan stiker bertuliskan: "Siap!! Terima Kasih".

Bambang Brodjonegoro adalah Kepala Bappenas periode 2016-2019. Sebelumnya, Bambang adalah Menteri Keuangan periode 2014-2016.

Sedangkan Rachmat Pambudy adalah akademisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Namanya sempat diisukan menjadi calon Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) dalam reshuffle kabinet pada Agustus lalu.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Muhammad Sarmuji menyebut presiden terpilih Prabowo Subianto akan mulai mengumpulkan para calon menteri di kabinet pekan ini.

"Kami memang meminta kepada calon-calon yang kemungkinan bisa sebagai menteri untuk standby saja," kata Sarmuji di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10).

Hingga sore ini, sejumlah nama sudah dipanggil Prabowo. Beberapa yang dipanggil antara lain politisi Gerindra Maruarar Sirait dan Fadli Zon, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, hingga Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...