Puan Soal Pertemuan Prabowo dengan Megawati: Secepatnya

Kamila Meilina
16 Oktober 2024, 20:41
prabowo, megawati, puan maharani
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/tom.
Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani menyampaikan pidato politiknya pada Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) di Kantor DPD PDIP Jateng, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (4/9/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani kembali melontarkan sinyal soal rencana pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Awalnya, muncul kabar Mega akan bertemu dengan Prabowoi di Teuku Umar, Jakarta Pusat pada Rabu (16/10) malam. Namun, hingga malam, tak ada tanda-tanda Prabowo tiba di rumah Presiden ke-5 RI itu.

Puan lalu terlihat meninggalkan kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar pada pukul 19.00 WIB.  Saat ditanya perihal pertemuan Megawati dengan Prabowo Subianto, dari dalam mobil Puan hanya mengucap, “Insyaallah secepatnya ya,” katanya di Jalan Teuku Umar, Jakarta.

Selain Puan Maharani, sebelumnya tampak Calon Gubernur Jakarta sekaligus politikus senior PDIP Pramono Anung dan Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Olly Dondokambey juga mendatangi kediaman Megawati pada Rabu (16/10). 

Meskipun begitu, belum ada konfirmasi resmi terkait isi pertemuan ketiganya dengan ketua Umum PDI-P tersebut. Hingga saat ini, ketiganya juga tak berkomentar soal kepastian pertemuan Megawati dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Makan siang bersama Megawati dan Prabowo
Makan siang bersama Megawati dan Prabowo (Dok. PDIP)

Sebelumnya, Puan mengatakan partainya siap  mendukung pemerintahan Prabowo. Bahkan menurut Puan akan ada kader PDIP yang masuk dalam susunan kabinet. 

“Kami solid mendukung pemerintahan yang akan datang dalam membangun Indonesia ke depan,” kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10). 

Mengenai siapa kader PDIP yang akan masuk kabinet itu menurut Puan akan sepenuhnya disampaikan oleh Prabowo Subianto. Ia pun menepis adanya perbedaan pendapat di internal PDIP terkait sikap bergabung dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. 

Dia juga mengatakan meski tidak ada kader PDIP yang bertemu dengan Prabowo di Kertanegara pada Senin dan Selasa lalu tidak berpengaruh pada posisi kader PDIP di kabinet. Menurut Puan, kepastian bergabungnya PDIP akan diumumkan langsung oleh Prabowo. 

Sebelumnya, Prabowo berharap pertemuan dengan Megawati segera terjadi. Ia juga menargetkan bisa bertemu Mega sebelum 20 Oktober 2024. "Mudah-mudahan sebelum pelantikan," kata Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).


Reporter: Kamila Meilina

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...