Top News: Bos NET TV Mundur Serentak dan Adaro Andalan Bakal IPO

Aryo Widhy Wicaksono
18 Oktober 2024, 05:55
Net TV
useetv
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Jajaran direksi dan komisaris Net TV, termasuk petinggi dari 87 anak perusahaannya, mengundurkan diri secara bersama-sama, setelah MD Entertainment mengambil alih perusahaan tersebut.

Pengunduran diri dilakukan setelah adanya kesepakatan antara Net TV dengan MD Entertainment. Pengunduran diri ini akan berlaku efektif setelah proses akuisisi melalui penerbitan saham baru selesai.

Akuisisi Net TV oleh MD Entertainment menjadi salah satu artikel Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga bagaimana Bank Indonesia membebaskan biaya QRIS untuk usaha mikro, serta calon menteri Prabowo mendapat pembekalan dari investor Ray Dalio.

1. Bos Net TV dan 87 Anak Usahanya Undur Diri Setelah Perusahaannya Diakuisisi FILM

Jajaran direksi dan komisaris PT Net Visi Media Tbk (NETV) atau Net TV, serta petinggi dari 87 anak usahanya mengundurkan diri setelah perusahaan media tersebut diakuisisi oleh PT MD Entertainment Tbk (FILM).

Sekretaris Perusahaan Net TV, Shinta Trisnawati Sutrisno, mengatakan surat pengunduran diri direksi dan dewan komisaris anak perusahaan perseroan tersebut telah diterima perusahaan pada 14 Oktober 2024.

“Pengunduran diri dari masing-masing anggota direksi dan dewan komisaris anak usaha tersebut atas merupakan hasil pembicaraan dengan PT MD Entertainment Tb (FILM),” tulis Shinta dalam keterbukaan informasi BEI, Rabu (16/10).

Shinta menyatakan pengunduran diri mereka akan mulai berlaku pada tanggal pencatatan saham tambahan dari Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

2. BI Gratiskan Biaya QRIS untuk Merchant Usaha Mikro hingga Rp 500 Ribu

Bank Indonesia (BI) membebaskan biaya Merchant Discount Rate (MDR) QRIS untuk transaksi hingga Rp 500.000 pada merchant usaha mikro yang berlaku mulai 1 Desember 2024 guna menopang daya beli masyarakat kelas menengah bawah.

“Penguatan perluasan akseptasi digitalisasi sistem pembayaran melalui penerapan MDR QRIS sebesar 0% untuk transaksi sampai dengan Rp 500.000 pada merchant usaha mikro,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers Hasil Rapat Dewan Gubernur BI Oktober 2024 di Jakarta, Rabu (17/10).

BI mencatat transaksi QRIS meningkat pesat hingga 209,61% secara tahunan (yoy) pada triwulan III 2024, dengan jumlah pengguna mencapai 53,3 juta dan jumlah merchant 34,23 juta.

3. INFOGRAFIK: Datang dan Pergi Bank Asing di Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan beberapa bank asing dari AS, Australia, dan negara di Eropa sulit bersaing dengan bank lokal Indonesia. Hal ini yang menyebabkan mereka menutup sejumlah lini bisnis di Indonesia dan menjual asetnya ke bank swasta nasional.

Meski begitu, bank asing asal Asia malah aktif masuk mengakuisisi bank-bank swasta dalam negeri.

“Mereka memiliki long term view, Indonesia merupakan perekonomian terbesar di Asia Tenggara,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae, dalam FGD Komisioner OJK dengan Redaktur Media Massa, di Jakarta pada Selasa, 8 Oktober.

Saat ini, kelompok bank asing hanya menyumbang 5,64% porsi keseluruhan laba perbankan Indonesia atau Rp7,13 triliun per semester I-2024. Sedangkan porsi terbesar masih dikuasai bank persero (51,4%) sebesar Rp65,03 triliun dan swasta (37,01%) sebesar Rp46,83 triliun.

4. Adaro Andalan Bakal IPO, ADRO Bocorkan Harga Saham

PT Adaro Energy Tbk (ADRO) mengumumkan rencana untuk melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) anak perusahaannya di bidang batu bara termal, PT Adaro Andalan Indonesia (AAI).

Manajemen Adaro menyatakan, IPO maksimum 7 miliar saham AAI akan dilakukan seiring dengan proses penawaran umum perdana AAI.

Kemudian harga Penawaran Umum oleh Pemegang Saham (PUPS) terendah telah ditetapkan sebesar US$ 2,45 miliar atau Rp5.425 per lembar. Sementara harga tertinggi mencapai US$ 2,63 miliar atau seharga Rp5.825 per lembar.

Analis Investasi dari Stockbit Sekuritas, Hendriko Gani menjelaskan bahwa setelah IPO, kepemilikan ADRO di AAI akan terdilusi dari 100% menjadi 90%.

Adapun harga penawaran PUPS ditentukan berdasarkan volume weighted average price atau harga rata-rata tertimbang yang ditetapkan setelah penutupan perdagangan di hari IPO AAI.

5. Investor Kawakan Ray Dalio Jadi Pemateri Pembekalan Calon Menteri di Hambalang

Investor kawakan global Ray Dalio menjadi salah satu pemateri dalam pembekalan calon menteri kabinet Prabowo Subianto pada Rabu (16/10). Dalio memberi pembekalan secara daring.

Hal ini terlihat lewat unggahan Instagram Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Ia membagikan layar presentasi bertuliskan What Would I Do If I Were In Your Shoes. Di sebelah kanan, ada wajah Ray Dalio menggunakan batik dan suasana pembekalan para menteri di Hambalang.

“Hambalang retreat,” tulisnya di unggahan terpisah, Rabu (16/10).

Acara pelatihan ini dilakukan selama dua hari. Pembekalan hari pertama, Rabu (16/10) ditujukan buat calon menteri sementara hari ini, Kamis (17/10) buat calon wakil menteri.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...