Jelang Pensiun, Jokowi Gelar Perpisahan dengan Menteri di Istana

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Oktober 2024, 14:24
jokowi, menteri, perpisahan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait pembebasan pilot Susi Air di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang seluruh jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju ke Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (18/10). Undangan tersebut berisi agenda makan siang bersama sekaligus pertemuan perpisahan di hari terakhir Kabinet Indonesia Maju bekerja.

Selain para menteri, turut juga hadir para wakil menteri, kepala badan, anggota dewan pertimbangan presiden, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, hingga kepala staf kepresidenan. Para pejabat negara mulai hadir memasuki Istana mulai pukul 13.00 WIB.

Mereka secara bergantian masuk ke dalam gedung Istana lewat gerbang 'pilar' yang menghadap ke Jalan Veteran, Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pertemuan menteri kali ini merupakan yang terakhir.

Dia mengatakan bahwa seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju hadir dalam jamuan santap siang bersama Presiden Jokowi kali ini. “Hari ini makan siang bersama. Hari ini kan hari kerja terakhir,” kata Airlangga sebelum memasuki gerbang pilar Istana.

Airlangga lalu mengapresiasi Jokowi selama menjadi presiden dalam satu dekade kebelakang. Ia mengatakan momen paling krusial adalah saat Pemerintahan Jokowi dapat melewati rintangan dan puncak krisis Pandemi Covid-19 2020-2022 lalu.

“Alhamdulillah, seluruh rintangan berhasil dilalui. Kepemimpinan Pak Jokowi luar biasa,” ujarnya. 

Kesan positif serupa juga disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim. Dia mengatakan sosok Jokowi merupakan pemimpin yang berani mengambil inisiatif luar biasa terhadap beragam kebijakan, termasuk perubahan kurikulum pendidikan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim (Katadata)

“Tidak mungkin tanpa dukungan pak Jokowi bisa berjalan. Jadi saya ingin berpamitan dan terima kasih juga hari ini,” kata Nadiem.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...