Nadiem Siapkan Transisi Pemisahan Kemendikbudristek Jadi Tiga Kementerian

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Oktober 2024, 18:26
nadiem, kemendikbudristek, kabinet prabowo
Katadata
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10). Foto: M Fajar Riyandanu/Katadata
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan bahwa kementeriannya saat ini akan dipecah menjadi tiga di masa pemerintahan Prabowo Subianto.

Tiga kementerian hasil pemecahan Kemendikbudristek yakni Kementerian Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Tinggi (Dikti) dan kementerian Pendidikan Nasional (Diknas). Nadiem pun mengatakan dirinya saat ini sedang melakukan proses transisi kepada tiga calon menteri baru tersebut.

"Saya sekarang sedang melakukan transisi ketiga menteri. Jadi berbeda, ada Kementerian Kebudayaan, Kementerian Dikti dan Kemenetrian Diknas ya," kata Nadiem saat ditemui di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (18/10).

Dia mengatakan tiga sosok calon menteri pecahan Kemendikbudristek merupakan figur-figur yang hebat untuk menyempurnakan kebijakan dan program yang lebih baik.

"Selamat sukses, dan saya yakin ketiga menteri itu hebat. Pasti akan melanjutkan program yang baik," ujar Nadiem.

Tiga nama yang digadang-gadang bakal menempati jabatan teranyar itu adalah Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti sebagai kandidat kuat Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah.

Menteri Riset dikabarkan akan diberikan oleh Guru besar Institut Teknologi Bandung Yassierli. Sedangkan Ketua sekaligus Anggota Komisi Bidang Ilmu Rekayasa di Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) periode 2018-2023, Satryo Soemantri Brodjonegoro dikabarkan menjadi Menteri Pendidikan Tinggi.

Ketiga sosok tersebut terlihat hadir dan memasuki rumah presiden terpilih Prabowo Subianto di Kawasan Kertanegara 4, Jakarta Selatan pada Senin (14/10). Mereka merupakan tiga di antara 49 politisi dan tokoh nasional yang diminta untuk hadir ke kediaman Prabowo pada awal pekan ini.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...