Hasto Soal Kabar Budi Gunawan Masuk Kabinet Prabowo: Beliau Bukan Anggota PDIP

Amelia Yesidora
18 Oktober 2024, 21:01
hasto, budi gunawan, pdip
ANTARA FOTO/Reno Esnir/app/aww.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berjalan untuk memenuhi panggilan pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (15/8/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengatakan Kepala Badan Intelijen Negara 2016-2024 Budi Gunawan yang masuk bursa menteri Prabowo, bukanlah kader PDIP. Pernyataan ini menanggapi kehadiran Budi dalam pembekalan calon menteri pada Rabu (16/10).

“Pak Budi Gunawan bukan ber-KTA PDIP, sehingga beliau bukan menjadi anggota PDIP,” kata Hasto usai

Budi sendiri adalah orang dekat dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ia pernah menjadi ajudan Megawati saat menjadi wakil presiden (1999-2000) dan presiden (2000-2004).

Hingga kini, tidak ada kader PDIP yang masuk bursa menteri dan wakil menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Hanya Budi Gunawan, orang dekat Megawati, yang dipanggil oleh Prabowo. 

“Karena kerja sama antara BIN, Kementerian Pertahanan itu sebagai satu kesatuan,” kata Hasto.

PERESMIAN ASRAMA MAHASISWA NUSANTARA
PERESMIAN ASRAMA MAHASISWA NUSANTARA (ANTARA FOTO/Zainal Arifin/ma/nym.)

 

Hasto menilai Budi juga melakukan tugasnya di BIN dengan baik. Hal ini terbukti dengan tidak ada penyalahgunaan kekuasan di Pemilu 2019.

Hasto mengatakan kala Budi menjadi kepala BIN per 2019, PDIP menang pemilu dengan kenaikan hanya 1,3%. “Sehingga hadirnya pak Budi Gunawan karena memang hubungan yang sangat baik dengan Pak Prabowo,” ujarnya.

 Budi Gunawan sendiri hadir saat Prabowo memanggil para tokoh yang dikabarkan bakal jadi menteri di kabinet. Ia memakai baju putih hitam saat berfoto bersama di kediaman Prabowo di Hambalang, Rabu (16/10).

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...