Megawati Absen pada Pelantikan Prabowo, Instruksikan 110 Kader PDIP Hadir

Ferrika Lukmana Sari
19 Oktober 2024, 15:29
Prabowo
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) berpamitan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) usai menggelar pertemuan tertutup di Jakarta, Rabu (24/7/2019). Pertemuan kedua tokoh nasional bersama sejumlah elit Partai Gerindra dan PDI Perjuangan tersebut dalam rangka silaturahmi pasca Pemilu Presiden 2019.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan bahwa mantan Presiden Megawati Soekarnoputri tidak bisa menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024—2029 pada Minggu (20/10).

Menurut Muzani, Megawati tidak dapat hadir karena kurang fit akibat melakukan perjalanan ke Uzbekistan, seperti ke makam Imam Al Bukhari di Samarkand, hingga berkunjung ke Saint Petersburg, Rusia.

"Ibu kondisinya kurang fit dan flu maka Ibu memutuskan untuk beristirahat. Dengan sangat menyesal, Ibu menyampaikan kabar kepada kami, melalui Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR Ahmad Basarah, untuk beristirahat,” kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10).

Oleh sebab itu, Megawati selaku Ketua Umum PDI Perjuangan telah menginstruksikan 110 anggota dewan dari PDI Perjuangan untuk tidak boleh absen menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden.

"Atas instruksi itu, kami merasa terhormat dan berterima kasih atas keputusan Ibu Mega, dan mudah-mudahan acara besok tidak mengurangi khidmat dan kekhusyukan acara," ujarnya.

Prabowo-Megawati Batal Bertemu Sebelum Pelantikan

Muzani yang juga Sekretaris Jenderal Partai Gerindra ini mengungkapkan bahwa rencana pertemuan Megawati sebelum pelantikan Prabowo batal.  “Sepertinya begitu (batal). Sampai dengan saat acara pelantikan, pertemuan itu masih tertunda,” kata Muzani.

Menurut Muzani, pertemuan tersebut belum bisa terselenggara karena kondisi Megawati yang kurang sehat. "Kami berdoa mudah-mudahan Ibu segera pulih kesehatannya, dan bisa segera menjalankan aktivitas-nya dengan baik lagi," ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa akan ada waktu agar pertemuan dengan Megawati agar dapat terwujud. Akan tetapi, Prabowo yang akan mengatur pertemuan tersebut.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menegaskan pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati dan Ketua Umum Gerindra Prabowo akan terjadi. "Insya-Allah secepatnya ya, insya-Allah," kata Puan saat berada di depan rumah Megawati di kawasan Kartanegara IX, Menteng, Jakarta Pusat Rabu (16/10).

Namun Puan pun tidak mengatakan kapan persisnya pertemuan tersebut akan terjadi. Dia langsung pergi meninggalkan awak media yang sudah menunggu di depan rumah Megawati.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...