Survei LSI: Pemilih Anies Cenderung Pilih Pramono-Rano di Pilkada Jakarta

Ade Rosman
24 Oktober 2024, 13:23
jakarta, pramono, anies, pilkada
Fauza Syahputra|Katadata
Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung (kedua kanan) dan Rano Karno (kanan) menyampaikan pernyataan penutup saat debat perdana Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan pemilih pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat Pemilihan Presiden 2024 cenderung memberikan dukungan pada pasangan Pramono Anung-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024.

Berdasarkan survei LSI, sebanyak 42,1% pemilih Anies-Muhaimin memilih Pramono-Rano dalam Pilkada 2024. Sebanyak 31,7% lainnya memilih Ridwan Kamil-Suswono, dan sisanya yakni 7,6% pemilih Anies-Muhaimin memilih Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Adapun jumlah pemilih Anies-Cak Imin dalam survei mencapai 41,7%.

Pemilih pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres yang dalam survei LSI Ini berjumlah 41,7%. Untuk Pilkada Jakarta mayoritas mendukug pasangan RK-Suswono yakni 45,1%. Pemilih Prabowo-Gibran yang mendukung Pramono-Rano tercatat sebanyak 38,4%, lalu 7,7% lainnya mendukung Dharma-Kun.

Kemudian pemilih Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang dalam survei LSI ini berjumlah 17,3% menjatuhkan pilihan pada Pramono-Rano 64,5%. Sisanya adalah RK-Suswono sebesar 25,6%, dan 1,1% untuk Dharma-Kun.

Berdasarkan simulasi tiga pasang, elektabilitas Pramono-Rano berbalik unggul atas RK-Suswono. Pasangan nomor urut 03 ini mendapatkan elektabilitas 41,6%, sedangkan RK-Suswono sebesar 37,4%.

Elektabilitas Dharma Pongrekun-Kun Wardana sebesar 6,6%. Sedangkan 14,4% belum menentukan pilihan atau tidak tahu.

Dalam survei pada 6 hingga 12 September lalu, Pramono-Rano baru mendapatkan elektabilitas 28,4%. Sedangkan Ridwan Kamil-Suswono dipilih 51,8% responden.

Dalam Pilkada Jakarta, Pramono-Rano diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sedangkan RK-Suswono didukung 15 parpol yakni Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, dan PBB. Kemudian, Perindo, PAN, PPP, PKN, Prima, serta Garuda.

Adapun survei LSI Ini dilakukan pada 10-17 Oktober 2024 dengan wawancara seara tatap muka sebanyak 1200 orang sampel menggunakan metode multistage. Survei ini memiliki margin of error survei berkisar -/+ 2,9%.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...