Sederet Evolusi Toyota All New Vios

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
1 November 2022, 11:22
Toyota All New Vios
Dok Toyota

Mobil sedan mengambil peranan penting dalam penjualan produk Toyota di Indonesia. Sedan Toyota memiliki penggemar setia yang menggunakannya dari generasi ke generasi. Selain itu, mobil sedan Toyota juga menjadi pionir pengaplikasian teknologi untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengendara.

Toyota memiliki pilihan lengkap mobil sedan yang disesuaikan dengan selera pasar, seperti Vios pada segmen entry sedan, Corolla Altis sebagai medium sedan, dan Camry untuk segmen luxury sedan.

Memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar entry sedan, All New Vios membawa perubahan desain dengan tampilan yang lebih elegan. Sedan ini memiliki sejarahnya sendiri sejak pertama kali diluncurkan. Perubahannya pada tiap generasi pun cukup signifikan. Berikut ciri khas pada masing-masing generasi Vios:

Vios Generasi Pertama (2003-2007)

Generasi pertama Toyota Vios resmi dijual di Indonesia menggantikan Toyota Soluna, sebagai sedan kompak pada tahun 2003. Toyota Vios mengisi pasar subcompact atau B-segment class, sebagai pangsa pasar terbesar sedan di Indonesia.

Pada tahun 2004, Toyota Team Indonesia (TTI) melakukan comeback dengan mengandalkan Toyota Vios generasi pertama untuk kejuaraan motorsport nasional. Keikutsertaannya langsung menuai hasil dengan meraih juara nasional Indonesian Super Production.

Pada 2005, Vios generasi pertama mengalami facelift, berupa perubahan minor pada desain gril (kontur V), lampu sein pada sepatbor, dan interior berwarna ivory.

Vios Generasi Ke-2 (200-2013)

Toyota Vios generasi ini merupakan higher class sedan dengan harga yang terjangkau. Meski mesinnya sama dengan Yaris, yakni berkode 1NZ-FE, kapasitas 1.500 cubic centimeter (cc) dan VVT-i 109 daya kuda (dk), Vios generasi ke-2 telah dilengkapi fitur Intelligent Drive by Wire ETCS-i. 

Toyota Vios generasi ke-2 mengalami facelift pada April 2010. Facelift ini membuatnya makin berkesan elegan, dengan tampilnya gril dua yang dilengkapi aksen chrome, fog lamp depan, serta desain lampu belakang yang lengkap dengan list chrome. Pada generasi ini, flagship Toyota Racing Development (TRD) Sportivo diperkenalkan dengan tampilan yang lebih sporty, dinamis dan berkelas. 

Vios Generasi Ke-3 (2013-2022)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...