AirAsia Usul Copot Garbarata di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta

Image title
2 Agustus 2018, 19:00
Pesawat Air Asia dan Garuda
DONANG WAHYU | KATADATA

Maskapai penerbangan AirAsia mengusulkan agar Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak perlu lagi menggunakan garbarata. Dengan begitu, lahan untuk parkir pesawat di terminal tersebut menjadi lebih luas dan bisa menampung banyak pesawat.

Garbarata adalah jembatan bergerak yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat. "Kalau (garbarata) itu dipotong, mungkin kita bisa menggunakan tangga seperti di (bandara) Kuala Lumpur," kata CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan di Jakarta, Kamis (2/8).

Dengan menggunakan tangga, Dendy yakin bisa membuat perpindahan penumpang dan proses naik pesawat (boarding) menjadi lebih cepat. Selain itu, dengan dihilangkannya garbarata, pesawat bisa memakai dua pintu untuk jalur keluar-masuk penumpang.

"Itu salah satu konsepnya, tapi kami serahkan keputusannya ke PT Angkasa Pura II juga," ujarnya .

AirAsia memang sudah lama tertarik ikut membantu pengerjaan terminal yang rencananya khusus untuk penerbangan bertarif rendah alias Low Cost Carrier (LCC). Maskapai penerbangan asal Malaysia ini menyatakan siap sebagai pengelola maupun investor.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...