Prajogo Pangestu Sumbang Alat Kesehatan ke RSCM untuk Atasi Corona

Prajogo Pangestu merupakan orang terkaya ketiga di Indonesia versi Forbes. Komisaris Barito Pacific ini menyumbang Rp 2 miliar untuk atasi pandemi corona.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
24 Maret 2020, 06:58
Atasi Corona, Pengusaha Prajogo Pangestu Sumbang Rp 2 Miliar untuk RSCM
Arief Kamaludin|KATADATA
Pengusaha Prajogo Pangestu.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pengusaha sekaligus Presiden Komisaris Barito Pacific Group Prajogo Pangestu memberikan donasi Rp 2 miliar kepada Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Sumbangan ini dalam rangka menanggulangi pandemi corona di Tanah Air.

Dana tersebut diberikan Prajogo melalui Yayasan Bakti Barito. “Sumbangan ini diserahkan melalui rekening bank yang disepakati dengan sepengetahuan dan persetujuan Direktur Utama RSCM,” kata Pengurus Yayasan Bhakti Barito Yazirwan Uyun dalam siaran pers, kemarin (23/3).

Rencananya, dana tersebut akan digunakan untuk pengadaan peralatan dan perlengkapan medis seperti alat uji (test kit), alat pelindung diri (APD), masker kesehatan, disinfektan, obat-obatan, dan lainnya.

(Baca: Hartono Bersaudara Tetap Orang Terkaya RI, Harta Prajogo Melonjak)

Yazirwan berharap, donasi dapat membantu RSCM berkontribusi dalam penanggulangan covid-19. Selain itu, sumbangan ini diharapkan memperkuat posisi RSCM sebagai rujukan nasional untuk berbagai kasus penyakit.

Prajogo Pangestu menempati posisi ketiga orang paling kaya se-Indonesia, berdasarkan daftar 50 orang terkaya di Indonesia yang dirilis Forbes tahun lalu. Urutan dua teratas ditempati oleh Hartono Bersaudara dan keluarga Widjaja.

Tahun lalu, Prajogo Pangestu menjadi taipan dengan kenaikan aset terbesar. Alhasil, posisi Prajogo sebagai orang terkaya di Tanah Air melonjak tujuh peringkat ke urutan ketiga.

(Baca: Arifin Panigoro & Prajogo Raih Bintang Jasa dari Jokowi, Ini Daftarnya)

Harta taipan tersebut naik dari US$ 3 miliar pada 2019 menjadi US$ 7,6 miliar atau setara Rp 107,11 triliun tahun lalu. Aset Prajogo meningkat seiring optimisme investor terhadap prospek perusahaan, sehingga harga saham Barito Pacific terkerek.

Selain Prajogo, beberapa pengusaha turut berdonasi untuk mengatasi penyebaran virus corona. Grup Astra misalnya, memberikan bantuan total Rp 63 miliar kepada pemerintah kemarin (23/3).

(Baca: Harta Lima Orang Terkaya Indonesia Raib Rp 286 T Terimbas Wabah Corona)

Perusahaan-perusahaan besar di bawah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia seperti Sinar Mas, Adaro Energy, Djarum hingga Indofood, serta Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berdonasi mengatasi pandemi corona di Tanah Air.

Mereka menggalang dana untuk menyediakan peralatan kesehatan bagi para tenaga medis. Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sekaligus CEO DAAI TV Indonesia Hong Tjhin mengatakan, penggalangan dana ditarget mencapai Rp 500 miliar.

Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani mengatakan, perusahaan yang terlibat dan penyaluran donasi akan dilaporkan secara berkala ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kadin juga akan terus mengimbau anggotanya supaya berperan aktif dalam kegiatan ini.

(Baca: Konglomerasi dan Perusahaan Besar RI Turun Tangan Atasi Pandemi Corona)

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait