Ketua MPR Ingatkan Pemerintah untuk Antisipasi Efek Domino Resesi

Dimas Jarot Bayu
14 Agustus 2020, 10:17
Ketua MPR Ingatkan Pemerintah Antisipasi Efek Domino Resesi
ANTARA FOTO/Didik Setiawan/wpa/aww.
Ketua MPR Bambang Soesatyo memimpin rapat pimpinan bersama bidang anggaran MPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mengatakan, pandemi corona berpengaruh langsung terhadap kesehatan dan pendidikan. Ia menilai, pagebluk ini bisa berdampak signifikan terhadap ekonomi Indonesia.

Hal itu tecermin dari pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II yang terkontraksi 5,32% secara tahunan (year on year/yoy). "Pada periode Maret sampai pertengahan Agustus ini menjadi fase terberat bagi perekonomian Indonesia," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8).

Ia khawatir pandemi virus corona berdampak sangat buruk terhadap perekonomian Tanah Air. Dia juga memperkirakan pemulihan ekonomi berlangsung lambat.

Di satu sisi, dampak dari Covid-19 diprediksi berlangsung lama. Hal ini tentu akan memengaruhi golongan masyarakat yang rentan.

Jika tak segera diatasi, ia khawatir Indonesia akan mengalami resesi. Beberapa analis mengatakan, resesi yakni kondisi ketika pertumbuhan ekonomi suatu negara terkontraksi selama dua kuartal berturut-turut.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...