Menteri Luhut: Rasio Positif Corona Ditarget 5% pada Akhir Tahun

Desy Setyowati
2 Agustus 2021, 11:39
Luhut, rasio positif virus corona,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta (22/10/2019).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, rasio positif virus corona ditarget turun di bawah 5% pada Oktober – Desember. Sedangkan tingkat keterisian tempat tidur alias Bed Occupancy Rate (BOR) dibidik kurang dari 50%.

Ia menegaskan bahwa pemerintah sudah menyusun peta jalan (road map) penanganan pandemi Covid-19. Upaya mengatasi juga digelar secara terpadu, terkait gerakan 3M, vaksinasi Covid-19, dan lainnya.

Advertisement

“Kalau ada yang mengatakan kami hanya melakukan 3T, 3M, atau vaksinasi, itu tidak benar,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual ‘Grab bersatu’, Senin (2/8). "Semua dilakukan secara holistik."

Langkah 3T yakni tes, telusur, dan tindak lanjut atau testing, tracing, dan treatment. Sedangkan gerakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Dengan langkah terpadu itu, pemerintah menargetkan dilakukan tes sekitar 500 ribu orang per hari. Ini bertujuan agar rasio positif virus corona turun di bawah 25% pada Juni – Juli.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement