Elektabilitas Ganjar, Anies, Prabowo Bersaing Ketat di Pilpres 2024

Lembaga survei Indikator menyebutkan, elektabilitas Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan bersaing ketat. Para pemilih Jokowi disebut beralih ke Ganjar.
Desy Setyowati
5 Desember 2021, 15:24
Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno, prabowo, ganjar pranowo, capres, pilpres 2024
ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa
Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno

Lembaga survei Indikator menyebutkan, 35,5% responden memilih Prabowo Subianto sebagai presiden Indonesia berikutnya. Sebanyak 30% menunjuk Ganjar Pranowo dan 23,7% Anies Baswedan.

Hasil tersebut berdasarkan simulasi hanya tiga nama yang mencalonkan diri. Jika responden diminta memilih secara bebas, nama Joko Widodo (Jokowi) menempati urutan pertama.

“Sebanyak 19,6% memilih Jokowi,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi dalam konferensi pers virtual, Minggu (5/12). Rinciannya sebagai berikut:

Top of Mind pilihan presiden pada November 2021, menurut survei Indikator
Top of Mind pilihan presiden pada November 2021, menurut survei Indikator (Indikator)

Itu berdasarkan hasil survei tatap muka terhadap 2.020 responden pada 2 – 6 November. Sebanyak 1.220 di antaranya merupakan sampel basis dan 800 oversample di 10 provinsi di Sumatera.

Advertisement

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis 1.220 memiliki toleransi kesalahan (margin of error) 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Sebanyak 50,3% responden tidak tahu ada berita soal wacana kepemimpinan Jokowi tiga periode. Namun 31,4% setuju Jokowi memimpin kembali.

Akan tetapi, Pasal 7 UUD 1945 pasca-amendemen yang mengatur tentang masa jabatan presiden dan wakil presiden (wapres) tidak memungkinkan Jokowi kembali memimpin Indonesia.

Pasal itu berbunyi, “presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan.”

Burhan menyampaikan, pemilih Jokowi pun beralih ke Ganjar.

Dengan asumsi Ganjar maju bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai wakil, sebanyak 31,1% memilih mereka. Ini berdasarkan simulasi Anies berpasangan dengan Sandiaga Uno dan Prabowo bersama Puan Maharani.

Calon pesiden pilihan masyarakat dengan simulasi berpasangan dan sendiri pada November 2021
Calon pesiden pilihan masyarakat dengan simulasi berpasangan dan sendiri pada November 2021 (Indikator)

"Ini tidak berubah polanya. Pak prabowo masih yang pertama tetapi tidak signifikan dibandingkan Ganjar. Kalau ketiganya dapat tiket (untuk maju), mereka yang menang satu putaran tidak ada," kata Burhan.

Sedangkan nama calon presiden pilihan responden sebagai berikut:

Nama calon wakil presiden pilihan responden pada November 2021
Nama calon wakil presiden pilihan responden pada November 2021 (Indikator)

 

Reporter: Desy Setyowati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait