Sulawesi Barat Ekspor 10.500 Ton Cangkang Sawit ke Jepang

Image title
Oleh Antara
5 Februari 2022, 08:51
cangkang sawit, sulawesi barat, ekspor, jepang, thailand
ANTARA FOTO/Akbar Tado/pras.
Pekerja dengan alat berat memindahkan cangkang sawit yang akan diekspor ke Thailand di Pelabuhan Bela-Belang, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (27/7/2020).

Provinsi Sulawesi Barat mengekspor 10.500 ton cangkang sawit senilai Rp 4 miliar ke Jepang. Pengiriman perdana ini dilakukan di pelabuhan Belangbelang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

Pelepasan dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, anggota DPRD Hatta Kainang, dan Kepala Kantor Pelabuhan Belang-belang Mamuju Kapten Christina Anton.

Ali berharap, ekspor cangkang sawit ke Jepang berdampak pada pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat. Ia juga berharap, komoditas lain asal provinsi ini bisa diekspor ke negara lain.

"Getah pinus dan masih banyak komoditi lainnya diharapkan dapat diekspor ke negara lain. Berbagai komoditi milik daerah ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi daerah," kata Ali dikutip dari Antara, Jumat malam (4/2).

Ia juga mengklaim, pelabuhan di Sulawesi Barat layak digunakan untuk mengekspor. Ia memastikan bahwa pemerintah daerah akan memberikan pelayanan maksimal dalam rangka ekspor.

Di Sulawesi Barat pun akan dibangun sejumlah instansi pemerintah yang mendukung kelancaran ekspor seperti Bea dan Cukai, Imigrasi, dan Karantina Kesehatan.

"Pembangunan kantor perizinan, dan dukungan lainnya yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi, akan disediakan dengan maksimal, secara efektif dan efisien," katanya.

Anggota DPRD Sulawesi Barat meminta masyarakat mendukung kegiatan ekspor dengan mengembangkan komoditi. "Sulawesi Barat kaya akan sumber daya alam dan memiliki sejumlah komoditi diberbagai sektor seperti pertanian perkebunan dan perikanan yang bisa diekspor,” ujar dia.

Kementerian Pertanian pun memfasilitasi ekspor cangkang sawit Sulawesi Barat melalui Karantina Pertanian Mamuju. Kepala Karantina Pertanian Mamuju Agus Karyono menyampaikan, instansinya membantu dalam hal pemeriksaan dokumen, fisik hingga perlakuan fumigasi menggunakan zat kimia phospin.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...