Peternak Anggap Usul Badan Pangan Jaga Harga Ayam Tidak Efektif

Andi M. Arief
4 Oktober 2022, 20:37
harga daging ayam, harga ayam, peternak,
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Pedagang daging ayam melayani pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (4/7/2022).

Badan Pangan Nasional atau NFA mengusulkan ketersediaan fasilitas pembekuan bahan pangan di dalam negeri. Sedangkan asosiasi peternak ayam atau Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) berfokus pada komitmen soal kepastian serapan.

Wakil Sekretaris jenderal Pinsar Muchlis Wahyudi menilai, kepastian pemerintah menyerap pasokan ayam di pasar sangatlah penting untuk menjaga stabilitas harga. Padahal, usulan Badan Pangan Nasional soal freezer untuk tujuan yang sama.

“Harus ada off-taker yang terkontrak untuk membeli (ayam dengan harga) di atas biaya produksi. Baru skema penyimpanan (usulan Badan Pangan Nasional) bisa berhasil,” kata Muchlis kepada Katadata.co.id, Selasa (4/10).

Menurutnya, usulan Badan Pangan Nasional tidak efektif mendorong stabilitas harga, jika diserahkan ke mekanisme pasar. “Sama saja dengan saat ini,” tambah dia.

Ia menjelaskan, daging ayam hanya mampu bertahan maksimal tiga bulan setelah dibekukan atau disimpan. Tanpa kepastian serapan oleh pemerintah, ia menilai usulan soal freezer hanya akan mengurangi kerugian.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengusulkan adanya fasilitas penyimpanan berbasis teknologi air blast freezer. Teknologi ini dapat membekukan bahan pangan dalam waktu empat sampai enam jam.

Ia memperkirakan, fasilitas tersebut akan menambah harga pokok produksi daging ayam Rp 300 per kilogram (Kg). Hal ini memungkinkan daging ayam diserap secara berkelanjutan.

Bahkan, serapan bisa ditingkatkan. Dengan begitu, dapat memperbaiki harga daging ayam di tingkat peternak.

"Saat ini kami belum punya cadangan pangan dalam bentuk frozen atau beku. Ke depan, saya inisiasi, kalau belum ada dananya, kolaborasi dengan pihak swasta," kata Arief di Gudang Food Station Cipinang, Senin (3/10).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...