Cina Balas Jepang & Korsel soal Aturan Covid-19: Setop Keluarkan Visa

Desy Setyowati
11 Januari 2023, 07:55
cina, jepang, korea selatan, visa
ANTARA FOTO/REUTERS
Presiden Cina Xi Jinping berdiri dengan Kepala Eksekutif baru Hong Kong John Lee saat anggota pemerintahan Lee dilantik, dalam upacara pelantikan pemerintahan baru kota tersebut, di Hong Kong, 1 Juli 2022.

Kedutaan Besar Cina menangguhkan penerbitan visa baru untuk Korea Selatan dan Jepang pada Selasa (10/1). Ini sebagai pembalasan atas persyaratan pengujian Covid-19 yang baru-baru ini diberlakukan oleh kedua negara terhadap pelancong asal Tiongkok.

Kedutaan besar di Tokyo dan Seoul mengumumkan penangguhan tersebut dalam pemberitahuan online.

“Larangan itu akan berlanjut sampai Korea Selatan mencabut aturan masuk yang diskriminatif terhadap Cina,” kata Kedutaan Besar Cina di Seoul, Korea Selatan melalui akun media sosial WeChat dikutip dari APNews, Selasa malam (10/1).

Penangguhan sementara penerbitan visa itu mencakup turis, bisnis, dan beberapa visa lainnya.

Sedangkan Kedutaan Besar Cina di Tokyo hanya mengatakan, penerbitan visa ditangguhkan. Pengumuman ini tampaknya hanya berlaku untuk yang baru mengajukan, tanpa ada informasi tentang orang yang saat ini memegang visa.

Kementerian Luar Negeri Cina pada minggu lalu, sebenarnya sudah mengumumkan ancaman terhadap negara-negara yang mengumumkan persyaratan pengujian virus baru untuk pelancong dari Tiongkok.

Negara yang dimaksud setidaknya ada 10, yakni di Eropa, Amerika Utara, dan Asia.

Namun, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengapa Korea Selatan dan Jepang menjadi sasaran. Selain itu, tak ada informasi tentang apakah penangguhan akan diperluas ke negara lain yang memberlakukan pengujian virus Covid-19 terhadap penumpang dari Cina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...