Menteri Amerika ‘Ancam’ Diplomat Cina jika Bantu Rusia di Ukraina

Desy Setyowati
19 Februari 2023, 09:31
amerika, cina, rusia, ukraina
AFP/NPR
Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu sehari sebelum kTT G20 di Bali, Senin (14/11/2022).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken memperingatkan diplomat Cina Wang Yi tentang konsekuensi, jika Tiongkok memberikan dukungan material untuk invasi Rusia ke Ukraina.

Antony menyampaikan hal itu dalam wawancara setelah keduanya bertemu di lokasi yang dirahasiakan di sela-sela konferensi keamanan global di Munich pada Sabtu (18/2). Pertemuan digelar beberapa jam setelah Wang memarahi Washington terkait balon jatuh yang dicurigai mata-mata Cina.

Advertisement

Hubungan kedua negara tegang sejak Washington menyebut Cina menerbangkan balon mata-mata di atas benua AS sebelum jet tempur Amerika menembak jatuh atas perintah Presiden Joe Biden.

Dalam wawancara yang akan ditayangkan di NBC News ‘Meet the Press with Chuck Todd’ pada Minggu pagi, Blinken mengatakan Amerika Serikat sangat prihatin bahwa Cina mempertimbangkan untuk memberikan dukungan mematikan ke Rusia.

“Hal itu akan memiliki konsekuensi serius dalam hubungan kita (Amerika dan Cina),” kata Blinken kepada Wang dalam diskusi itu, dikutip dari Reuters, Minggu (19/2).

"Ada berbagai jenis bantuan mematikan yang setidaknya mereka pertimbangkan untuk diberikan, termasuk senjata," tambah Blinken.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement