Waspada Buka Tutup Contraflow KM 70 – KM 47 Tol Jakarta - Cikampek

Nadya Zahira
25 April 2023, 11:10
tol jakarta - cikampek, jasa marga, mudik,
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/YU
Foto udara kendaraan melintas di jalan Tol Cikampek Utama saat penerapan satu arah, Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023)

Anak usaha Jasa Marga, Jasamarga Transjawa Toll (JTT) memberlakukan buka tutup contraflow secara situasional sepanjang KM 70 sampai KM 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Kebijakan ini berlaku sejak Senin (24/4) Pukul 15.40 WIB.

Buka tutup contraflow pada KM 70 sampai KM 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta - Cikampek bertujuan mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas kendaraan arus balik mudik Lebaran.

Kebijakan itu diambil atas diskresi Kepolisian.

Anak usaha Jasa Marga itu pun mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan total 24 gardu tol arah Jakarta dari kondisi normal 15 gardu tol. Selain itu, menyiapkan tambahan 30 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Jasa Marga pun mengimbau pemudik untuk melakukan hal ini:

  • Memastikan kecukupan saldo e-toll, yakni:
  1. Minimal Rp 800.000 untuk pemudik yang kembali dari Surabaya ke Semarang, atau sebaliknya
  2. Minimal Rp 500.000 untuk pemudik dari Semarang ke Jakarta, dan sebaliknya
  • Memastikan kecukupan BBM
  • Memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima
  • Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik, yakni 24 dan 25 April serta 30 April dan 1 Mei untuk menghindari penumpukan kendaraan
  • Hindari perjalanan pada waktu favorit, seperti pagi dan malam hari
  • Memanfaatkan diskon tarif tol 20% untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta dengan saldo setelah diskon Rp 297.600 pada 27 April hingga 29 April Pukul 06.00 WIB

“Kami juga mengingatkan kembali kepada pengguna khususnya yang melakukan perjalanan di Jalan Tol Trans Jawa dengan sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak), hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out. Maka, saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya," Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangan resmi, Senin (24/4).

Pengguna jalan tol dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.1 atau menghubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini.

Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...