Sistem One Way Tol Kalikangkung Diperpanjang hingga Hari Ini

Agustiyanti
25 April 2023, 09:58
one way, jalan tol, cikopo
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/nym.
Ilustrasi. Sistem rekayasa lalu lintas satu arah atau one way dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah menuju KM 72 Cikopo, Jawa Barat berlaku hingga hari ini, Selasa (25/4) pukul 24.00 WIB.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperpanjang sistem rekayasa lalu lintas satu arah atau one way  dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah menuju KM 72 Cikopo, Jawa Barat hingga hari ini, Selasa (25/4) pukul 24.00 WIB. 

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Lisye Octaviana mengatakan, perpanjangan waktu pemberlakuan sistem one way tersebut dilakukan atas diskresi pihak kepolisian. Perpanjangan itu didasarkan pada data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat signifikan dari arah timur (Trans Jawa) menuju ke arah Jakarta, serta prediksi peningkatan lalu lintas yang masih akan berlanjut.​​​​​​

Ia mengimbau agar seluruh pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, dan ikuti arahan petugas di lapangan. Selain itu, juga pastikan kecukupan perbekalan, saldo e-toll, dan bahan bakar minyak sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

"Siapkan saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama," kata Lisye dikutip dari Antara, Selasa (25/4). 

Rekayasa lalu lintas satu arah yang awalnya diterapkan mulai Senin siang (24/4) hingga pukul 24.00 WIB. Sistem one way masih berpeluang diperpanjang jika masih terlihat peningkatan volume lalu lintas dari arah timur ke Jakarta dalam periode tiga jam sebelum jadwal rekayasa tersebut berakhir. 

Ada pun seiring dengan penerapan one way itu, maka pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah timur (Trans Jawa) akan dialihkan keluar di Gerbang Tol (GT) Cikampek KM 72 dan melanjutkan perjalanannya melalui jalur Pantura. Sementara untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung melalui Jalan Tol Cipularang masih berlaku normal.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...