Hujan Buatan Dinilai Kurang Efektif Atasi Polusi Udara Jakarta

Nadya Zahira
1 September 2023, 07:10
polusi udara, hujan buatan
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Suasana gedung bertingkat diselimuti kabut polusi di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (23/8).

Hujan buatan dinilai kurang efektif mengatasi polusi udara, menurut Energi Institute for Essential Services Reform atau IESR. Pemerintah sebelumnya membuat hujan buatan di Jakarta pada Minggu (28/8).

“Udara kotor tidak mengikuti musim. Hujan buatan tidak akan efektif,” kata Manajer Program Transformasi IESR Deon Arinaldo dalam diskusi yang digelar secara virtual, Kamis (31/8).

“Hujan beberapa jam memang meredam polusi. Tetapi, sumber polusi masih beroperasi. Jadi polusi terus datang lagi,” Deon menambahkan.

Menurutnya, cara yang paling efektif yakni segera menutup Pembangkit Listrik Tenaga Uap alias PLTU. Selain itu, mendorong masyarakat beralih ke transportasi umum. 

Sebab, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK sudah mengidentifikasi sumber-sumber emisi polusi udara yang buruk yakni:

  • 44% transportasi
  • 34% PLTU
  • Sisanya: polusi rumah tangga dan pembakaran sampah maupun limbah hasil pertanian

Ia juga meminta pemerintah transparan terkait data, khususnya informasi polusi dan hasil monitoring PLTU. “Yang harus diatasi langsung yakni PLTU, karena sudah ada programnya,” ujar dia.

“Mengatasi persoalan kendaraan pribadi cukup sulit, karena melibatkan sangat banyak orang. Prosesnya akan lebih panjang,” Deon menambahkan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...