Gojek Tanggapi Maia Estianty yang Tertipu Driver & Saldo GoPay Dikuras

Akun Tokopedia Maia pun berhasil diretas. Sebelumnya, kejadian serupa menimpa Aura Kasih yang kehilangan saldo GoPay hingga Rp 11 juta.
Image title
27 Desember 2019, 17:03
Maia Estianty mengeluh akun Gojek hingga Tokopedia-nya diretas hingga kehilangan saldo GoPay
instagram/@maiaestiantyreal
Maia Estianty mengeluh akun Gojek hingga Tokopedia-nya diretas. Ia kehilangan saldo GoPay-nya.

Selebritas Maia Estianty mengeluh lantaran ponselnya diretas pengemudi ojek online saat memesan makanan lewat GoShop. Gojek pun telah menghubungi Maia guna mengusut peretas tersebut.

Maia bercerita, dirinya hendak memesan makanan lewat GoShop kemarin (26/12). Namun, mitra pengemudi mengaku kendaraannya mogok dan mengusulkan untuk mengubah driver. Mitra tersebut meminta kode one time password (OTP) yang masuk melalui pesan ke ponsel Maia.

Tentu Maia tak memberikan kode OTP tersebut. “Rupanya dia dapat data SMS yang saya terima. Saya tidak kasih kodenya, tetapi saldo GoPay terkuras,” kata Maia melalui akun Instagram-nya @maiaestiantyreal, hari ini (27/12).

Bahkan, pelaku berhasil meretas akun Tokopedia milik Maia. Peretas juga meretas ponselnya dan menghapus aplikasi WhatsApp.

Lantas ia menelepon pusat layanan Telkomsel guna meminta kode untuk menonaktifkan upaya pemindahan data, yang tengah dilakukan pelaku. “Bisa. Walaupun hampir saja dia masuk akun Tokopedia saya dan membeli ponsel menggunakan kartu kredit,” kata dia.

(Baca: Gojek dan Grab Buat Strategi Tangani Order Fiktif Ojek Online)

Ia pun memblokir kartu kreditnya agar tidak dapat digunakan oleh pelaku. Maia berharap para startup digital seperti Gojek dan Tokopedia mengantisipasi peretasan seperti yang ia alami. “Aplikasi-aplikasi ini memang canggih, tetapi maling jauh lebih ahli,” kata Maia.

Senior Manager Corporate Affairs Gojek Alvita Chen mengaku, keamanan pengguna dan mitra pengemudi merupakan prioritas perusahaan. Ia sudah mengetahui identitas mitra pengemudi tersebut, yakni bernama Yusdi Alamsyah.

"Kami telah menghubungi Ibu Maia mengenai kasus ini dan siap membantu agar penipu dapat diusut dan ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian," ujar Alvita kepada Katadata.co.id.

Perusahaan mengimbau agar pengguna dan mitra pengemudi untuk selalu mengecek kembali jika dihubungi oleh pihak yang mengaku dari Gojek atau mitra. "Baik perusahaan, mitra driver Gojek maupun GoFood tidak pernah meminta kode apapun lewat cara apapun," kata dia.

Pengguna dapat menghubungi customer service perusahaan yang beroperasi selama 24 jam, melalui 021-50849000 atau email [email protected].

(Baca: Viral Driver Ojol Korban Order Fiktif Meninggal, Begini Tanggapan Grab)

Sebelumnya selebritas Aura Kasih juga kehilangan saldo GoPay Rp 11 juta. “Dua akun (Gojek) saya hilang isi GoPay-nya Rp 1,9 juta. Lalu masuk ke mBanking, virtual account, top up GoPay Rp 9,7 juta. Kok bisa?” kata dia melalui akun media sosialnya, November lalu.

Modus serupa sempat dialami oleh Destya Galuh (20 tahun). Pada awal Desember lalu, ia memesan GoFood senilai Rp 220 ribu. Lalu, mitra pengemudi mengaku kendaraannya mogok dan tak dapat membatalkan pesanan. Driver mengatakan, telah meminta tim Gojek untuk menghubungi dirinya.

Tak lama berselang, seorang pria mengatasnamakan Gojek menelepon Destya. Pria tersebut meminta kode OTP yang masuk ke ponsel Destya. Karyawan swasta itu pun tak mau memberikan kode tersebut.

Pelaku mengatakan, Destya akan kesulitan membatalkan pesanan GoFood karena aplikasi Gojek sedang eror. Karena itu, pelaku membutuhkan kode OTP. “Tetapi saya tetap tidak memberikannya,” kata dia kepada Katadata.co.id.

(Baca: Ada Bug, 17 Juta Nomor Ponsel Pengguna Twitter Bocor)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait