Lampaui WhatsApp, Unduhan Aplikasi TikTok Melonjak Jadi 2 Miliar Kali

Aplikasi TikTok diunduh 315 juta kali dalam tiga bulan efek pandemi corona, mengalahkan WhatsApp yang hanya 250 juta kali.
Image title
6 Mei 2020, 11:23
Lampaui WhatsApp, Unduhan Aplikasi TikTok Melonjak Jadi 2 Miliar Kali
123RF.com/Alexey Malkin
Ilustrasi aplikasi video musik pendek TikTok

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Aplikasi TikTok sudah diunduh 2 miliar kali di Google Play Store maupun App Store per pekan lalu. Jumlahnya melonjak dua kali lipat dalam 15 bulan, salah satunya karena pandemi corona.

Jumlah unduhan aplikasi video pendek asal Tiongkok itu mencapai 1 miliar pada awal tahun lalu. Kini, dengan adanya pandemi virus corona, aplikasi TikTok diunduh 315 juta kali hanya dalam tiga bulan pada awal tahun ini.

"Jumlah unduhan (dalam tiga bulan itu) melampaui aplikasi apa pun di kuartal pertama," kata Sensor Tower dikutip dari CNN Internasional, kemarin (5/5). Aplikasi WhatsApp misalnya, hanya diunduh 250 juta kali pada tiga bulan pertama tahun ini.

(Baca: Tiktok Buat Stiker Khusus Donasi untuk Pandemi Corona)

Jumlah unduhan aplikasi TikTok melonjak drastis selama pandemi Covid-19. Sebab, banyak negara menerapkan karantina wilayah (lockdown) dan menjaga jarak fisik (physical distancing) yang membuat orang-orang menggunakan TikTok sebagai hiburan. 

TikTok memungkinkan pengguna untuk membuat video lipsing mulai dari tiga hingga 15 detik. Ada juga video pengulangan yang berlangsung selama tiga hingga 60 detik.

Efek pandemi corona, tidak hanya millenial yang menggunakan TikTok. Orang tua mulai tertarik menggunakan aplikasi asal Tiongkok ini. "Banyak orang tua, seperti generasi saya dan yang lebih tua yang bergabung," kata pembuat konten dan influencer asal Hong Kong Taylor Richard.

(Baca: Pengguna Melonjak Akibat Corona, Aplikasi TikTok Diunduh 1 Miliar Kali)

Di Amerika Serikat (AS), jumlah unduhan aplikasi TikTok meningkat 18% setiap pekan selama pandemi corona. Pada 16-22 Maret, aplikasinya diunduh 2 juta kali di Negeri Paman Sam. 

Lonjakan paling tinggi terjadi di Eropa. Aplikasi TikTok diunduh 237 ribu kali selama 16-22 Maret atau meningkat 35% dibandingkan pekan sebelumnya.

(Baca: Transaksi Naik, Hooq, iFlix, Viu dan GoPlay Beri Diskon Work from Home)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait